Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS GANJIL SD/MI 2021-2022

PELAJAR MEDIA - CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022

Penilaian merupakan seperangkat tindakan yang  dilakukan secara konsisten & terus-menerus dlm rangka mengumpulkan, mengevaluasi & memahami nilai tetang proses & hasil belajar peserta didik sehingga dapat digunakan  utk mengambil keputusan.
Dengan diterapkannya Kurtilas yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas, penilaian sikap,  pengetahuan  & keterampilan menjadi lebih berorientasi pada proses. Sebab itu, diperlukan pedoman penilaian yang berfokus  pada isu-isu berikut.

  1. Pada Kompetensi Inti 3 dan 4, penilaian difokuskan untuk menentukan seberapa baik peserta didik telah mempelajari keterampilan dasar.
  2. Penilaian berdasarkan acuan kriteria; ini didasarkan pada apa yang dapat dilakukan siswa setelah menyelesaikan proces pembelaran, menentukan peringkat kelompok seseorang.
  3. Mekanisme penilaian adalah bagian dari system yang dirancang. Semua indikator dinilai dan hasillnya diperiksa untuk mengetahui KD mana yang sudah dimiliki dan mana yang belum,  serta untuk menentukan tantangan siswa kedepan.
  4. Hasil penilaian diperiksa untuk memutuskan apakah tindakan lebih  lanjut  harus diambil atau  tidak. Tindakannya berupa perbaikan proses pembelajaran selanjutnya, remedial untuk peserta didik yang capaian kompetensinya kurang lengkap dan pengayaan bagi peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar.
  5. System penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar individu peserta didik selama proses pembelajaran. Apabila strategi tugas observasi lapangan digunakan dalam pembelajaran, misalnya; evaluasi harus dilakukan baik terhadap proces (wawancara) & hasil (temuan Obsertvasi Lapangan).


CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022
Gambar 1.1. Seluruh Kelas - CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022


CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022
Gambar 1.2. Semua Mapel - CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022

Tujuan 

  1. Membantu pendidik dlm menetapkan, menerapkan, dan menyempurnakan prosedur, tekhnik dan  Instrumen Penilaian otentik untuk mengevaluasi hasil belajar. 
  2. Membantu pendidik dlm pelaksanaan remedial & pengayaan.

P.A.S. (Penilaian Akhir Semester)

Seperti halnya Ujian Akhir Semester dan UAS, Penilaian Akhir Semester bisa disebut sebagai hal yang sama. Ujian ini, seperti halnya ujian PTS, tidak bisa diambil oleh semua siswa sekaligus. Sebagai tindakan pencegahan, keputusan ini diambil dalam rangka membatasi penyebaran virus Corona dan tetap terkendali.

Semester ganjil atau semester pertama adalah jangka waktu evaluasi ini. Untuk mengumpulkan murid, sekolah harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari pemerintah, terlepas dari skor ini. Dengan cara ini, nilai diambil secara online, offline, atau kombinasi keduanya.

Apakah Setiap Level Memiliki Sebutan Yang Berbeda?

Ungkapan luas untuk semua prosedur penilaian yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk siswa di kelas 1 - 12 dalam pengaturan pendidikan formal.

Untuk saat ini, ujian hanya mengubah konten yang dinilai tergantung pada kompetensi. Nama yang disingkat dan artinya tetap sama, terlepas dari bagaimana mereka diucapkan. Itu tidak semua; baik pembatasan online maupun offline masih rentan terhadap perubahan.

Setiap lembaga pendidikan atau sekolah siswa juga merupakan aspek pembeda. Kesemuanya itu pada umumnya diatur dalam peraturan teknis pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan. Apalagi, mengingat wabah ini belum juga berakhir.

PAS Sebagai Pedoman Baru untuk Kenaikan Kelas

Penilaian Akhir Semester menjadi salah satu ujian kenaikan pangkat (PAS) tahun ini. Per 1 Februari 2021, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (SE) Nomor 1 Tahun 2021. Untuk menghindari penyebaran virus COVID-19, peraturan baru itu memuat sistem pengaturan PAS sebagai prasyarat. untuk kemajuan kelas selama periode pembelajaran online. Pedomannya adalah sebagai berikut:

- Sebagai prasyarat untuk naik kelas, siswa harus menyelesaikan (PAS). Ujian seperti ini tidak diperlukan untuk mengukur kemajuan akademik siswa secara keseluruhan.

- Dalam bentuk portofolio, siswa menyerahkan pekerjaan mereka, serta rapor, penilaian sikap, atau hasil latihan mereka.

- Tugas adalah pilihan lain untuk melakukan penilaian. Siswa mungkin diberi tugas pekerjaan rumah berdasarkan apa yang telah mereka pelajari di kelas.

- Ujian lisan, tes praktik, dan tugas online, misalnya, semuanya dapat digunakan bersama dengan evaluasi lain yang dipilih oleh institusi pendidikan tinggi.

- Tes online digunakan untuk PAS.

Persyaratan Program Pembelajaran

Nilai pada rapor dan kehadiran memutuskan apakah seorang siswa diharuskan untuk menyelesaikan program pembelajaran atau tidak. Menurut Permendiknas, prasyarat untuk menyelesaikan program pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Portofolio Sebagai penilaian atau rapor

Sebuah sistem jaringan digunakan selama studi serta tes. Sementara itu, pendekatan portofolio dan evaluasi rapor akan digunakan di luar jaringan untuk wilayah dan situasi tertentu. Setiap semester, nilai raport ini dimasukkan.

Karena rapor lima semester sebelumnya menunjukkan bahwa siswa sekolah menengah sangat terpengaruh. Selain itu, nilai semester 6 siswa dapat digunakan sebagai nilai. Portofolio siswa juga berisi penghargaan dan prestasi, seperti kontes dan lain-lain, yang telah mereka peroleh.

2. Tugas

Semua pekerjaan yang dilakukan pada tugas yang diberikan selama instruksi merupakan tugas yang dimaksud. Memeriksa seberapa baik siswa memahami suatu subjek dengan memberi mereka pekerjaan rumah setiap hari dan melakukan penilaian materi. Hal ini juga berdampak pada nilai keseluruhan dan tingkat kelulusan.

Untuk menunjukkan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas, produk akhir akan berupa rekapitulasi. Mempertimbangkan sekolah saat memutuskan tanggal kelulusan. Sangat penting untuk fokus pada setiap tugas untuk mendapatkan nilai setinggi mungkin.

3. Tes Online dan Offline

Tahap selanjutnya adalah mengikuti ujian baik secara online maupun offline, tergantung dari kemampuan lokasi dan siswa yang ada di daerah tersebut. Ketika datang ke sekolah, bahkan jika Anda menggunakan sistem online, atau hanya bergantung pada portofolio nilai siswa, siswa harus mematuhi dan mengoperasikan sistem seefisien mungkin.

Ini juga merupakan pengganti untuk tes sebelumnya; satu-satunya perbedaan adalah bahwa itu diatur secara teknis daripada meminta bantuan siswa. Sementara teknik kombinasi juga merupakan pilihan, keberhasilannya tergantung pada variabel seperti geografi dan kemampuan siswa.

4. Jenis Evaluasi

Sekolah memiliki peran untuk dimainkan dalam evaluasi siswa di samping aspek-aspek yang diatur oleh negara. Oleh karena itu, seringkali ada sejumlah implementasi yang berbeda di berbagai sekolah. Dengan tetap mengikuti prosedur kesehatan yang diperlukan, seperti melakukan tatap muka di berbagai zona zona hijau. Selain itu, sekolah memiliki opsi untuk mewajibkan siswa memenuhi standar kelulusan tambahan.

5. Penilaiaan Sikap

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, persyaratan kenaikan kelas adalah penilaian sikap. Sikap dan perilaku Anda akan tetap dievaluasi meskipun tes dilakukan secara online, dan bahkan dapat menjadi barometer kelulusan Anda.


CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS SD/MI 2021-2022


KOP

SEKOLAH / MADRASAH

 ________________________________________________________________________________

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

TAHUN PELAJARAN 2021/2022


Mata Pelajaran/Tema :  5. Wirausaha

Kelas         :  6 (Enam)

Nama         :  _______________________________________

Hari/Tanggal         :  _______________________________________

Waktu         :  60 menit


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, atau D untuk jawaban yang benar!

1.          Hubungan ketergantungan yang terjadi antara penerbit dan toko buku adalah ...

A.  Toko buku membuat buku untuk penerbit

B.   Toko buku mendistribusikan buku buatan penerbit

C.   Toko buku memenuhi pesanan buku dari penerbit

D.  Toko buku memperoleh paasokan  dari penerbit

2.          Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain, karena itu manusia disebut makhluk ...

A.     sosial

B.      individual

C.      komunal

D.     radikal

3.          Pengaruh kegiatan wirausaha bagi lingkungan sosial di antaranya ....

A.     membuka lapangan pekerjaan

B.      memanfaatkan bahan baku dari alam

C.      menambah pengahasilan bagi pemilik usaha

D.     memperkenalkan produk dalam negara ke mancanegara

Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan File Word nya silahkan DOWNLOAD DISINI. Terimakasih telah berkunjung semoga materi yang disampaikan bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "CONTOH NASKAH SOAL DAN JAWABAN PAS GANJIL SD/MI 2021-2022"