Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah Versi Hosting

PELAJAR MEIDA - Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah -  

Raport merupakan buku yang memberikan informasi tentang nilai kecerdasan dan prestasi belajar siswa di sekolah. Ia juga bertindak sebagai laporan resmi kepada orang tua dan wali murid yang wajib menerimanya.

Laporan tersebut merupakan salah satu respon atas tanggung jawab sekolah kepada masyarakat tentang bakat yang dimiliki siswa yang ditunjukkan dengan hasil penilaian.

Rapor Digital Madrasah atau aplikasi RDM digunakan untuk mengolah nilai siswa yang terdaftar di satuan pendidikan madrasah. Aplikasi Madrasah HD RDM dimaksudkan untuk menggantikan Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD) yang diluncurkan kurang lebih dua tahun lalu.

Kementerian Agama meluncurkan aplikasi RDM pada tahun 2021 dengan memanfaatkan resolusi high definition (HD), sistem online, dan teknologi 4.0 untuk memudahkan satuan pendidikan madrasah dalam mengelola dan mengakses data madrasah dari sistem tersebut.

 
Gambar 1.1. Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah Versi Hosting

Raport Digital Madrasah (RDM) - RDM atau Rapor Digital Madrasah adalah aplikasi pelacakan dan pelaporan hasil belajar peserta didik yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.
Rapor Digital Madrasah adalah layanan gratis yang tersedia untuk semua madrasah di Indonesia. Rapor Digital Madrasah juga merupakan penyempurnaan dari aplikasi sejenis sebelumnya yaitu Digital Report Card (ARD). Tentu saja, dengan berbagai pembenahan dan penyempurnaan yang dilakukan langsung oleh Tim Teknis Kementerian Agama.

Hasil belajar siswa diukur melalui proses penilaian, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data. Melalui berbagai metode dan perangkat, serta dari berbagai sumber, data dikumpulkan. Perbaikan sistem pembelajaran dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dalam upaya pendidikan. Memiliki sistem evaluasi yang kuat akan membantu instruktur dan siswa menemukan cara terbaik untuk mengajar dan belajar.

Proses evaluasi harus dilakukan dengan benar. Akibatnya, bahkan jika segala upaya dilakukan untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin, informasi yang dikumpulkan harus benar untuk memungkinkan penilaian yang tepat.

Metode dan alat, serta teknik analisis yang disesuaikan dengan setiap jenis data, diperlukan untuk pengumpulan dan analisis hasil belajar siswa. Kurikulum 2013 berbasis kompetensi, dan siswa harus memenuhi KD (Kompetensi Dasar) untuk lulus. Angka harus dibangkitkan oleh instruktur sebagai indikasi evaluasi untuk menentukan tercapai tidaknya KD.

Penilaian tidak hanya didasarkan pada hasil belajar, tetapi juga pada proses pembelajaran. Untuk alasan ini, siswa didorong untuk berpartisipasi dalam proses penilaian diri.

Banyak perubahan telah dilakukan pada materi pelajaran untuk Kurikulum 2013. Adanya kesulitan internal dan eksternal merupakan salah satu landasan pengembangan kurikulum. Harapan bahwa kurikulum akan lebih praktis dan efektif dalam mempromosikan pengalaman belajar yang berkualitas merupakan sumber utama konflik internal. Munculnya sektor kreatif, kebangkitan budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat global hanyalah sebagian kecil dari persoalan eksternal yang kita hadapi.

Siswa harus mampu berpikir kritis dan analitis untuk memenuhi harapan dunia tentang kehidupan masa depan mereka yang berkaitan dengan kemajuan pendidikan. Dengan memodifikasi metode penilaian secara progresif sejalan dengan inovasi dan kreativitas, standar penilaian harus berkembang. Hal ini dimaksudkan agar penilaian tujuan pembelajaran akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang pada gilirannya akan membantu mereka membuat hubungan antara materi yang mereka pelajari dan kehidupan sehari-hari mereka.

KEUNGGULAN Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah Versi Hosting

  1. Dengan menggunakan rapor online kami, siswa dan orang tua mereka dapat dengan mudah memeriksa data nilai tanpa memperhatikan batasan waktu.
  2. Dengan dibangunnya sistem informasi pengolahan nilai rapor berbasis website, prosedur manual pemasukan data dan nilai menjadi lebih hemat waktu dan biaya.
  3. Sistem pemrosesan nilai rapor ini menggabungkan data siswa dan nilai, serta data dari wali siswa dan guru.
  4. Sistem login pemrosesan nilai rapor ini menggunakan login administrator untuk izin akses keseluruhan, login guru untuk input nilai dan melihat nilai, dan login siswa dan wali hanya untuk melihat nilai.

Akses Proktor, Staf, Kamad dan Wakakur

Akses RDM Proktor sangat penting dalam aplikasi RDM, karena pendaftaran RDM awal ditangani oleh Proktor atau administrator aplikasi RDM Madrasah Anda. Proktor memiliki akses ke fitur RDM berikut:

  1. Dashboard untuk Madrasah RDM 
  2. Menyinkronkan Profil Madrasah 
  3. Unggah dan hapus logo Madrasah/Yayasan
  4. Penilaian Tahun Pelajaran, Semester, dan Jenis Penilaian Madrasah
  5. Synron Mapel, serta menambahkan mapel yang tidak tersedia. 
  6. Tentang Data Kelas
  7. Tentang Data Guru
  8. Atur Data Siswa
  9. Mutasi Kelas Siswa
  10. Peningkatan Kelas untuk Siswa 
  11. Akses Data Alumni
  12. Informasi Kegiatan Ekstrakurikuler
  13. Informasi Laporan Tercetak
  14. Data Monitoring Nilai Status Pengiriman
  15. Kelola akses akun Administrasi 
  16. Backup dan Restore Data RDM

Akses staf hampir identik dengan proktor, kecuali untuk data yang terkait dengan profil madrasah Synron, logo, pengaturan, dan cadangan. Akses ke Kamad dan Wakakur hanya untuk tujuan pengawasan.

Akses Pendidik

Ada tiga kategori guru yang memiliki akses ke data siswa: guru mata pelajaran, guru wali kelas, dan pelatih ekstrakurikuler.

Akses Ke Fitur Guru Mapel

  1. Melakukan Penilaian Mata Pelajaran di kelas yang dia ajar sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Pengawas 
  2. Memasukan Bobot Nilai Harian dan PAS / PAT 
  3. Memasukan Nilai Harian dan PAS / PAT
  4. Melakukan penilaian keterampilan (melalui penggunaan proyek, portofolio, dan unjuk kerja). 
  5. Mentransmisikan Nilai Pengetahuan dan Keterampilan 
  6. Batalkan Nilai Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikirim

 

Aksesibilitas Bagi Guru Sebagai Guru Wali Kelas:

  1. Mengubah data siswa kelasnya 
  2. Memasukkan Absensi Siswa 
  3. Memasukan Catatan wali Kelas 
  4. Nilai untuk Sikap Sosial dan Spiritual 
  5. Memilih naik kelas dan tidak masuk kelas saat penilaian semester genap 
  6. Memantau status nilai yang diberikan di kelas 
  7. Membatasi akses ke Nilai Laporan yang dikirim 
  8. Menghasilkan rapor, lembar nilai, sampul, rapor, legger kelas, dan rekap nilai untuk siswa.


Akses Guru Sebagai Pelatih Tambahan:

  1. Melakukan evaluasi siswa asuhan
  2. Memasuk siswa yang diasuh dalam kegiatan ekstrakurikuler opsional.
Berikut Video tutorial penginstalan RDM:
  1. TUTOR RDM VDI DISINI
  2. TUTOR RDM XAMPP DISINI
  3. TUTOR RDM HOSTING DISINI
  4. TUTOR RDM MINI INSTALER HOSTING DISINI

Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah Versi Hosting
Versi ini dibuat untuk operator madrasah yang menggunakan hosting atau virtual private server agar guru dapat mengakses aplikasi raport dari lokasi manapun. Untuk dapat mengerjakan RDM tersebut rekan-rekan Operator KKMI Cipatujah silahkan bisa mengakses melalui link berikut:

  • Madrasah Ibtidaiyah Muara DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Darawati DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Rancabogo DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Cibangsa DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasanah Alur DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin DISINI
  • Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah DISINI

User & Pwd Default:
User  : NSM (12 Digit)
PWD : NPSN

Demikian Materi RDM ini kami sampaikan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Raport Digital Madrasah (RDM) KKMI Cipatujah Versi Hosting"