MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS,MODUL BAHASA INGGRIS,BAHASA INGGRIS,MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MTs,MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP,

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

Ada 12 modul dalam MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Modul pertama disebut "Teks Interpersonal". Dalam Modul Pembelajaran Teks Interpersonal Bahasa Inggris pertama, tujuan guru adalah untuk dapat:

A. Subjek pedagogi

Teori belajar dan prinsip belajar pendidikan yang harus dikuasai.

B adalah seorang profesional

  1. Mempelajari materi, struktur, konsep, dan pola pikir ilmiah yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, serta cara penggunaannya. 
  2. Mempelajari standar kompetensi dan keterampilan dasar mata pelajaran dan bidang pengembangan yang diajarkan. 
  3. Buatlah bahan ajar yang menyenangkan untuk digunakan. 
  4. Renungkan tindakan Anda untuk meningkatkan profesionalisme Anda dalam jangka panjang. 
  5. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan berkembang.

Gambar 1.1. Bahasa Inggris SMP/MTs


MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

Indikator Kompetensi Guru

A. Subjek pedagogi adalah:

  1. Menerapkan berbagai teori dan ide pembelajaran pendidikan pada topik yang diajarkan. 
  2. Memakai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yg membantu siswa belajar secara kreatif ttg mata pelajaran yang dipelajarinya.

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

B. profesional

  1. Tahu banyak tentang berbagai hal tentang bahasa dalam bahasa Inggris (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis) 
  2. Mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris, baik secara reseptif maupun produktif (linguistik, wacana, sosiolinguistik, dan strategis) 
  3. Pada langkah ini, kita melihat standar kompetensi untuk mata pelajaran yang kita ajarkan. 
  4. Meneliti keterampilan dasar mata pelajaran yang diajarkan. 
  5. Mencermati tujuan pembelajaran yang diajarkan. 
  6. Pilih bahan pembelajaran yang diajarkan pada tingkat yang tepat untuk setiap siswa. 
  7. Memanfaatkan secara kreatif materi pelajaran yang diajarkan, sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. 
  8. Renungkan kinerja Anda sendiri sepanjang waktu. 
  9. Memanfaatkan hasil refleksi untuk pertumbuhan profesional. 
  10. Lakukan penelitian di kelas untuk meningkatkan keterampilan Anda sebagai guru. 
  11. Gunakan teknologi informasi dan komunikasi saat berbicara. 
  12. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu diri Anda berkembang.


MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

Tujuan kompetensi untuk siswa Keterampilan Dasar Di kelas ini Anda belajar tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks lisan dan tulis yang digunakan orang ketika mereka menyapa, berpamitan, berterima kasih, dan meminta maaf, dan bagaimana menanggapinya.

  1. Mengetahui apa fungsi sosial teks lisan dan tulis yang melibatkan salam, berpamitan, berterima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya.
  2. Cari tahu bagaimana orang saling menyapa, mengucapkan selamat tinggal, berterima kasih, meminta maaf, dan menanggapi mereka baik dalam komunikasi lisan maupun tertulis. 
  3. Temukan unsur kebahasaan apa yang digunakan dalam teks yang melibatkan ucapan selamat tinggal, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dan kemudian menanggapinya.

A. Ruang Lingkup Materi.

Ruang lingkup materi Teks Interpersonal di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

1. Menyapa (Greeting), Berpamitan (Parting), Mengucapakan Terima Kasih (Gratitude), dan Meminta Maaf (Apology).

a. Fungsi Sosial.

b. Struktur Teks.

c. Unsur Kebahasaan.

2. Menyatakan Harapan dan Doa (Hope/Wish) dan Mengucapkan Selamat atas Kebahagiaan dan Prestasi (Congratulation).

a. Fungsi Sosial.

b. Struktur Teks.

c. Unsur Kebahasaan.

B. Aplikasi dalam Kehidupan.

Pada dasarnya, bahasa adalah alat komunikasi antar individu melalui kesepakatan dalam komunitas tertentu (arbritary). Sehingga, tidak boleh ada klaim bahwa bahasa tertentu unggul terhadap bahasa yang lain. Namun, dalam perkembangannya, Bahasa Inggris telah diakui sebagai Bahasa Internasional, dimana mayoritas masyarakat menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi secara global.

Mempelajari Bahasa Inggris tidak terlepas dari menggunakan teks sebagai media komunikasi. Teks terbagi menjadi dua, yaitu teks monolog (satu penutur) dan teks dialog (dua penutur), dimana teks dialog terdiri atas teks interpersonal dan teks transaksional. Teks interpersonal digunakan untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan orang lain (to keep the social relationships).

Sedangkan teks transaksional digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup / menyelesaikan pekerjaan (to get the things done), seperti meminta informasi, menawar, meminjam, dll. Seorang guru Bahasa Inggris dituntut mampu mengidentifikasi perbedaan keduanya untuk kemudian diterapkan dalam pembelajaran.

Pada jenjang kelas 7 disajikan teks interpersonal antara lain; menyapa (pada saat bertemu), berpamitan (pada saat berpisah), mengucapkan terima kasih (Ketika menerima sesuatu), meminta maaf (ketika melakukan kesalahan) dan menanggapinya.

Sementara itu, pada jenjang kelas 8 disajikan teks interpersonal yang terdiri dari; meminta perhatian (ketika akan menyampaikan berita), mengecek pemahaman (Ketika menjelaskan), menghargai kinerja (ketika mengapresiasi orang lain), meminta dan mengungkapkan pendapat (ketika menyampaikan ide/gagasan), menyuruh, mengajak, meminta ijin, serta menanggapinya.

Sedangkan pada jenjang kelas 9, teks interpersonal yang disajikan adalah; mengungkapkan harapan, doa, dan ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan prestasi, serta menanggapinya. Adapun yang dijabarkan pada Unit Pembelajaran ini adalah;

1. Menyapa (Greeting), Berpamitan (Parting), Mengucapakan Terima Kasih (Gratitude), dan Meminta Maaf (Apology).

Dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan social yang baik akan tercipta manakala masyarakatnya saling berinterkasi social dengan baik. Hal itu bisa dilakukan dengan cara saling menyapa saat bertemu, berpamitan saat berpisah, mengucapkan terima kasih saat mendapatkan sesuatu dari orang lain, dan meminta maaf saat melakukan kesalahan.

Sebaliknya, hubungan social akan bermasalah manakala tidak ada sapaan saat bertemu, pamitan saat berpisah, ucapan terima kasih, dan ucapan minta maaf. Interaksi social pada saat ini menuntut penguasaan Bahasa Inggris secara aktif. Oleh karena itu, kemampuan menggunakan Bahasa Inggris terutama bagaimana cara menyapa, berpamitan, berterima kasih, dan meminta maaf sangat penting diajarkan kepada peserta didik.

2. Menyatakan Harapan dan Doa (Hope/Wish) dan Mengucapkan Selamat atas Kebahagiaan dan Prestasi (Congratulation) Kehidupan.

Ada kalanya kita dituntut untuk mengucapkan selamat atas kebahagiaan dan prestasi orang lain, demi menjaga hubungan baik dengan sesama. Saling mendoakan juga merupakan kode etik dalam pergaulan social agar tercipta keharmonisan dalam masyarakat. Penggunaan ucapan selamat, harapan dan doa dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting dalam berinteraksi sosial. Oleh karena itu, materi ini sangat diperlukan bagi peserta didik demi membekali mereka hidup bermasyarakat secara global dalam bentuk life skill berbahasa Inggris yang baik dan benar.

Sebagaimana yang telah disampaikan pada pendahuluan Unit Pembelajaran ini, bahwa tujuan utama PKB ini adalah meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional guru sehingga mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, setelah Anda mempelajari Unit Pembelajaran ini, hal yang paling penting adalah menerapkannya kepada peserta didik di kelas masing - masing. Semoga Unit Pembelajaran ini dapat menjadi referensi Anda dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS, terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, dan literasi dalam rangka membentuk generasi unggul yang moderat, beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

Aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam Unit Pembelajaran ini tentu perlu Anda sesuaikan dengan kondisi nyata kelas Anda masing-masing. Untuk itu setelah mempelajari Unit Pembelajaran ini, anda perlu menyusun Unit Pembelajaran (modul) sendiri yang memuat materi ajar, rencana pelaksanaan pembelajaran, LKPD, serta instumen penilaian yang berorientasi HOTS sesuai pengalaman atau praktik terbaik pembelajaran yang Anda lakukan. Anda perlu mengaktifkan diri dalam kegiatan MGMP Bahasa Inggris untuk dapat saling berbagi pengalaman praktik baik bersama rekan sejawat guru Bahasa Inggris lainnya.

DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMP/MTs - PELAJAR MEDIA DISINI:

UP 1 B.INGGRIS (INTERPERSONAL TEXT) DOWNLOAD

UP 2 B.INGGRIS TRANSACTIONALTEXT 1 DOWNLOAD

UP 3 B.INGGRIS TRANSACTIONALTEXT 2 DOWNLOAD

UP 4 B.INGGRIS GREETING CARD DOWNLOAD

UP 5 B.INGGRIS SHORT MESSAGE DOWNLOAD

UP 6 B.INGGRIS ADVERTISEMENT DOWNLOAD

UP 7 B.INGGRIS LABEL DOWNLOAD

UP 8 B.INGGRIS DESCRIPTIVE TEXT DOWNLOAD

UP 9 B.INGGRIS REPORT TEXT DOWNLOAD

UP 10 B.INGGRIS NARRATIVE DOWNLOAD

UP 11 B.INGGRIS RECOUNT DOWNLOAD

UP 12 B.INGGRIS Procedure Text DOWNLOAD

ADMINISTRASI BERITA TERKINI PKB
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.