Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs

MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

A. Pendahuluan

Unit Pembelajaran ini dirancang untuk membantu instruktur dan siswa memahami Perubahan Zat. Guru dapat mengajari siswa konten yang dibahas dalam Unit Pembelajaran ini dan video pembelajaran terkait. Bagi siswa, dapat dimanfaatkan untuk mempelajari kompetensi dasar.

Unit Pembelajaran ini mencakup tujuan kompetensi guru dan siswa untuk memastikan keselarasan antara harapan guru dan siswa. Bahan bacaan diringkas dengan hati-hati untuk membantu pengajar dan siswa memahami informasi dan mencegah kesalahan konseptual. Penerapan Perubahan Substansi di dunia nyata dan penyertaan keyakinan Islam akan mendorong pembelajaran kontekstual sekaligus membangun kualitas karakter pada siswa. Satuan Pembelajaran juga menyertakan alternatif contoh kegiatan pembelajaran, lembar kegiatan siswa (LKPD), dan kisi-kisi pembuatan instrumen penilaian HOTS untuk membantu pengajar membangun kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan madrasah dan karakteristik siswa. Unit Pembelajaran diakhiri dengan kegiatan tes formatif yang dapat digunakan oleh instruktur dan siswa untuk mengevaluasi pemahaman mereka tentang topik tersebut.

Gambar 1.1. Unit Pembelajaran 1 - Modul Pembelajaran IP SMP/MTs


MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

B. Dalam Kehidupan Sehari-hari

Anda dapat menemukan barang-barang seperti mobil, jam dan air setiap saat. Keadaan materi, konduktivitas, dan susunan kimia setiap objek dapat diklasifikasikan.

Perubahan adalah substansi sejati dalam hidup. Sub materi Perubahan Zat kurikulum baru mengkaji perubahan zat berdasarkan sifat fisika dan kimia. Zat termasuk cairan, gas, dan padatan. Kemudian mempelajari tentang Perubahan Zat menurut bentuknya, termasuk perubahan fisika dan kimia yang terlihat pada komposisi partikel, yaitu Kohesi, Adhesi, dan Kapilaritas.

Anda dapat menemukan padatan kapan saja. Hal-hal seperti kursi dan buku. Pertimbangkan apakah bentuk dan volume item berubah saat dipindahkan. Ternyata walaupun suatu barang dipindahkan, bentuk dan volumenya tidak berubah.


MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

Ada juga air, minyak tanah, minyak kelapa, bensin, kecap, sirup, dan alkohol. Coba perhatikan bagaimana air dalam botol terlihat seperti air dalam botol, dan air dalam gelas terlihat seperti air dalam gelas. Tetapi ketika diukur, volumenya tetap. Cairan adalah benda yang bentuknya bervariasi tergantung pada wadahnya, tetapi volumenya tetap.

Gas selalu berubah bentuk dan volumenya. Gas termasuk udara, oksigen, hidrogen, dan karbon dioksida. Gas akan terus mengisi ruangan. Beberapa contoh adalah: menggunakan minyak wangi menyebabkan orang lain menciumnya, atau berada di dekat ibumu ketika dia memasak menyebabkan orang lain mencium bau makanannya. Difusi adalah penyebaran gas melintasi ruangan. Sub materi ini mengajarkan siswa tentang sifat dan perubahan wujud materi dengan menggunakan teori partikel, massa jenis, dan teknologi terkait.

Pada sub materi ini peserta didik juga mempelajari tentang Sifat dan Perubahan bentuk zat dengan pendekatan teori partikel dan massa jenis dan teknologi yang berkaitan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang memang tidak bisa lepas dari kehidupan di sekitar peserta didik.

Aktivitas Pembelajaran

Aktivitas Pembelajaran Topik 1: Zat dan Wujudnya

Kegiatan In Learning Service-1 ( 2 JP)

Aktivitas ini dilakukan secara tatap muka bersama fasilitator dan teman sejawat untuk mengkaji materi dan melakukan kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah Kegiatan:

  1. Membaca bagian pendahuluan modul untuk memahami tujuan pembelajaran dan target kompetensi guru dan peserta didik.
  2. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok.
  3. Melakukan telaah kurikulum dan hasil UN untuk mempetakan kompetensi yang diperlukan peserta didik, merancang aktivitas peserta yang akan dilakukan pada kegiatan on, menelaah LKPD, dan membuat instrumen penilaian proses maupun hasil belajar. Jika memungkinkan, dalam aktifitas in-1 dapat dirancang Penelitian Tindakan Kelas dan Soal HOTS.
  4. Jika diperlukan, peserta dapat melakukan simulasi pembelajaran atau mengerjakan / mempraktikkan LKPD.
  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil telaahnya.

Kegiatan On Job Training (4 JP)

Pada kegiatan ini, setiap guru mempraktikkan pembelajaran terhadap peserta didik di madrasah masing-masing sesuai dengan perangkat pembelajaran yang telah disempurnakan pada kegiatan in-1. Contoh model pemelajaran yang dapat digunakan adalah model Discovery Learning (DL) dengan sintak:

  • Pemberian stimulus (Stimulation).
  • Mengidentifikasi masalah (Problem Statement).
  • Mengumpulkan data (Data Collecting).
  • Mengolah data (Data Processing).
  • Memverifikasi hasil pengolahan data (Verification).
  • Penarikan Kesimpulan (Generalization).

Kegiatan In Learning Service-2 (2 JP)

Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka bersama fasilitator dan teman sejawat untuk melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan On. Agar hambatan selama pemelajaran terekam dengan baik, lakukan refleksi pelaksanaan pembelajaran.

Setelah memepelajari modul ini, selanjutnya kita dapat menerapkan desain pemelajaran yang telah disusun kepada peserta didik di kelas masingmasing. Semoga Unit Pemelajaran ini dapat menjadi referensi Anda dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS, terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, dan literasi dalam rangka mencapai kecakapan Abad ke-21, membentuk generasi unggul yang moderat, beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

Aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam modul ini perlu anda sesuaikan dengan kondisi nyata kelas Anda masing-masing. Anda perlu menyusun Rencana Pelaksanaan Pemelajaran sesuai dengan kondisi kelas Anda, sehingga memudahkan mengimplementasikan secara teknis. Selain itu, Anda masih perlu mengembangkan instumen penilaian lainnya yang berorientasi HOTS dengan mengacu pada contoh kisi penilaian yang disajikan dalam modul. Anda perlu mengaktifkan diri dalam kegiatan MGMP IPA MTs untuk melakukan hal tersebut serta mengembangkan modul secara Bersama rekan sejawat guru IPA lainnya.

DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs - PELAJAR MEDIA

Unit Pembelajaran 1 IPA (Sifat Larutan Asam, Basa dan Garam) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 2 IPA (Perubahan Zat) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 3 IPA (Pemisahan Campuran) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 4 IPA (Pengukuran) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 5 IPA (Sistem Pencernaan Pada Manusia) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 6 IPA (Sistem Reproduksi Pada Manusia) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 7 IPA (Interaksi Lingkungan) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 8 IPA (Klasifikasi) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 9 IPA (Pencemaran Lingkungan) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 10 IPA (Getaran Gelombang Bunyi) DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 11 PEMANTULAN CAHAYA DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 12 ALAT OPTIK_REVISI PENYUSUN DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 13 LISTRIK DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 14 MAGNET DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 15 GERAK DAN GAYA_REVISI PENYUSUN DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 16 USAHA DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 17 SUHU DAN KALOR DOWNLOAD

Unit Pembelajaran 18 PEMUAIAN DOWNLOAD

Posting Komentar untuk "MODUL PEMBELAJARAN IPA SMP/MTs"