METODE FASILITASI

METODE FASILITASI,METODE PEMBELAJARAN FASILITASI,PEMBELAJARAN FASILITASI,METODE PEMBELAJARAN,METODE FASILITASI,METODE KURIKULUM Prototipe 2022,

PELAJAR MEDIA - METODE FASILITASI

BAGAIMANA MENGGUNAKAN METODE FASILITASI?

Latar Belakang

Seorang fasilitator harus memiliki kepercayaan diri, menjadi pendengar yang aktif, komunikator yang baik, dan mampu bertindak sebagai pemandu proses pembelajaran. Namun, karakteristik ini hanyalah bagian kecil dari ketrampilan yang diperlukan oleh seorang fasilitator yang efektif. Seorang fasilitator efektif sebenarnya harus dapat mendisain dan memberikan sesi-sesi pembelajaran yang efektif. Hal Ini juga berarti bahwa seorang fasilitator membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan untuk menggunakan metode fasilitasi dan metode presentasi yang efektif.

Sebelum menentukan bagaimana cara menyampaikan suatu program pembelajaran, fasilitator harus memahami terlebih dahulu bagaimana orang dewasa dalam belajar, sehingga mereka dapat memilih metode fasilitasi yang tepat. Sesi ini membahas berbagai tipe belajar yang dimiliki oleh orang dewasa dan berbagai metode fasilitasi yang sesuai dengan pelajar dewasa.  

Namun demikian, metode fasilitasi apapun yang akan digunakan, perlu mempertimbangkan beberapa aspek penting agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik. Hal ini merupakan fokus utama dari sesi ini. 

Tujuan dan Hasil Belajar

Setelah peserta pelatihan mengikuti sesi ini diharapkan akan mampu memahami bahwa setiap peserta mempunyai tipe belajar yang berbeda-beda, sehingga fasilitator harus mampu memberikan fasilitasi yang memungkinkan semua peserta bisa belajar dengan baik. Secara khusus setelah peserta mengikuti sesi ini diharapkan akan dapat:

  • Menggunakan metode fasilitasi yang bervariasi agar peserta dengan berbagai tipe belajar dapat belajar dengan baik. 
  • Menemukan tantangan dan kesulitan dari berbagai metode fasilitasi.
  • Mengidentifikasi berbagai strategi yang dapat digunakan oleh fasilitator dalam rangka untuk mengatasi tantangan dan kesulitan di dalam menyampaikan program pembelajaran untuk pelajar dewasa.


Metode Belajar

Metode yang digunakan adalah diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi.

Sumber, Bahan, dan TIK

LK 1: Quis Tipe pelajr seperti apakh andaa?
LK 2: Pembahasan Tipe Pelajr Septeri Apakh Andaa?
LK 3:  Metode Fasilitasi
LK 4: Bagaimna Menggunakn Metode Partisipatori dgn Pelajar Dewasa?
Tambahan 5: cara utk Fasilitasi Efektif: Metode Fasilitasi Secara Efektif.
Kerts Flip chart & spidol.
Penghitungan waktu utk kegiatan pengisian Quis.
LCD Projector
Disarankan menggunakan laptop atau komputer pribadi untuk presentasi
Layar proyektor LCD


Gambaran Sesi

  • Kegiatan 1 (7 menit): Sampaikan Tujuan dan hasil Belajar; Gunakan Kuis (Lembar Kerja 1) dan minta peserta untuk mengerjakan; Jekaskan arti dari setiap tipe pelajar; Sampaikan konsekuensi dari adanya berbagai tipe pelajar dalam pelatihan.
  • Kegiatan 2 (20 menit): Jelaskan bahwa pelajar dewasa akan lebih ba-nyak belajar bila metode yang di-gunakan berva-riasi; Curah pendapat untuk meng-identifikasi me-tode fasilitasi yang pernah digunakan; Klasifikasikan metode fasilitasi ke dalam metode partisipatori dan bukan metode partisipatori; Berikan tanggapan.
  • Kegiatan 3 (25 menit): Berikan Lembar Kerja 4 dan minta peserta men-jawab semua pertanyaan; Berikan tugas kepada setiap kelompok untuk  menelaah ber-bagai metode partisipatori; Berikan kesem-patan untuk mempresentasi-kan hasil diskusi; Berikan tangga-pan dan masuk-kan sesuai kebutuhan.
  • Kegiatan 4 (5 menit): Peserta menu-liskan lima kalimat  untuk menjawab per-tanyaan “apa yang harus dila-kukan fasilitator agar penyajian materi atau sesi berjalan efektif.
  • Penutup (3 menit): Membaca Lembar Kerja 3 dan mempraktekkan metode-metode tersebut; Baca semua informasi tambahan; Menemukan metode fasilitasi alternatif; Mengakses informasi yang ada di situs-situs internet.

Perincian Langkah-Langkah Kegiatan:

Persiapan dan peringatan:
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diambil:
  1. Mintalah bantuan peserta secara sukarela untuk menjadi Pengamat di tiap kelompok. Tugas pengamat adalah: a) mengamati semua hal yang dilakukan fasilitator, b) mengamati semua hal yang dilakukan peserta dalam kelompoknya, sepanjang penyampaian materi ini.
  2. Sebaiknya siapkan Lembar Kerja yang telah disusun berurutan (sesuai langkah kegiatan) di tiap-tiap meja kelompok. Tujuan memudahkan peserta segera mengambil dan mengerjakan. Tetapi ini kondisional. Jika timnya cukup banyak dan jumlah peserta kurang dari 50 orang, langkah persiapan ini bisa diabaikan. 

Kegiatan 1 (7 menit)

  1. Menyampaikan Tujuan dan Hasil Belajar sesi ini.   
  2. Bagikan Lembar Kerja Peserta 1: Tipe Pelajar Seperti Apakah Anda?
  3. Minta peserta menyelesaikan kuisnya dalam waktu 5 menit.
  4. Sampaikan kepada peserta bahwa mereka tidak perlu memikirkan tiap pertanyaan dengan sangat rinci dan tidak boleh berdiskusi dengan peserta lain.
  5. Minta peserta menjumlahkan skor A, B, dan C.
  6. Minta peserta yang paling banyak memiliki skor A untuk mengacungkan tangan.
  7. Lakukan hal yang sama untuk B dan kemudian C.
  8. Jelaskan apa artinya jika mereka memiliki skor paling banyak A, B, atau C yang didasarkan pada informasi yang terdapat di Lembar Kerja Peserta 2.
  9. Berikan Lembar Kerja Peserta 2: Jawaban: Tipe Pelajar Seperti Apakah Anda?
  10. Tanyakan dan konfirmasikan hasil kuis yang baru dibagikan.
  11. Buatlah ringkasan menggunakan catatan fasilitator di bawah ini.

Catatan untuk Fasilitator 1

  • Peserta harus menyadari bahwa setiap peserta memiliki tipe belajar yang berbeda-beda (Visual, Auditori, dan Kinestetik). Setiap tipe pelajar membawa implikasi tersendiri terhadap penyelenggaraan pelatihan agar semua tipe pelajar dapat belajar dengan baik. Konsekuensi tersebut antara lain penggunaan metode fasilitasi dan media yang bervariasi.

Kegiatan 2 (20 menit)

  1. Jelaskan kepada peserta bahwa pelajar dewasa akan belajar dengan sangat baik apabila dilakukan dengan beberapa cara. Konsekuensinya, seorang fasilitator yang efektif harus mampu mempresentasikan sesinya dengan berbagai cara. 
  2. Lakukan curah pendapat kurang lebih tiga menit. Tanyakan kepada peserta tentang berbagai metode fasilitasi yang dapat digunakan dengan orang dewasa. Minta peserta untuk mengingat kembali dan mencatat metode apa saja yang pernah digunakan selama pelatihan. Peserta juga diminta untuk mengidentifikasi metode fasilitasi lainnya yang digunakan oleh modul lain sebagai bahan rujukan.
  3. Jika diperlukan, berikan beberapa contoh pada pada awal curah pendapat. Gunakan catatan di bawah ini.
  4. Jelaskan bahwa pelajar dewasa mempunyai kebutuhan untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran mereka sendiri. Oleh karena itu, kita perlu memastikan bahwa metode yang kita gunakan akan memberikan kesempatan kepada semua peserta untuk berpartisipasi dan berinteraksi secara aktif.  
  5. Tanyakan kepada peserta tentang apa yang dimaksud dengan metode partisipatori? Mintalah pendapat beberapa peserta tentang metode partisipatori ini.
  6. Berikan defininsi metode partisipatori kepada para peserta.
  7. Rujuk kembali daftar metode fasilitasi dari hasil curah pendapat dan minta peserta untuk mengklasifikasikan metode mana yang partisipatori dan dapat digunakan pada pembelajaran pelajar dewasa dan metode mana yang bukan metode partisipatori yang kurang cocok untuk digunakan pada pembelajaran pelajar dewasa.
  8. Berikan tanggapan terhadap apa yang baru saja dikerjakan oleh para peserta dalam mengklasifikasikan metode fasilitasi. Tanggapan harap didasarkan pada Catatan untuk Fasilitator 3 pada poin 6 di atas.

Catatan untuk Fasilitator (2)

Metode Fasilitasi yang seharusnya sudah dikenali peserta dari modul/pelatihan sebelumnya adalah:

  • Demonstrasi dan Modeling
  • Simulasi 
  • Bermain Peran 
  • Curah Pendapat 
  • Umpan Balik (Tanggapan)
  • Kerja Kelompok dan diskusi kelompok 
Definisi Partisipasi 
Pelajar terlibat secara penuh dalam proses pembelajaran. Fasilitator mengatur kegiatan yang memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk bergabung dan memberikan ide-idenya serta untuk mengekspresikan pandangan-pandangannya. Para peserta mendengarkan pendapat, ide, dan pengalaman orang lain dengan sabar.

Catatan untuk Fasilitator (3)

Metode partisipatori adalah metode fasilitasi pembelajaran orang dewasa yang memungkinkan semua peserta pelatihan untuk dapat berpartisipasi secara aktif dan dinamis baik secara mental, fisik, maupun emosi dalam proses pelatihan.

Kegiatan 3 (25 menit)

  1. Berikan tiap kelompok Lembar Kerja Peserta 4: Bagaimana Menggunakan Metode Partisipatori dengan Pelajar Dewasa? Mintalah peserta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam Lembar Kerja tersebut.
  2. Berikan tugas kepada setiap kelompok untuk menelaah beberapa metode partisipatori yang tersedia di Lembar Kerja Peserta 3. Perincian tugas telaah untuk setiap kelompok adalah sebagai berikut: Kelompok 1 menelaah metode 1 - 5; Kelompok 2 menelaah metode 6 – 10; Kelompok 3 menelaah metode 11 – 16; Kelompok 4 menelaah metode 17 – 22
  3. Berikan waktu 25 menit untuk menyelesaikan kegiatan ini. Pastikan bahwa sebagian besar waktu digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan utama.
  4. Berikan waktu kepada setiap kelompok untuk menyajikan hasil diskusinya.
  5. Berikan tanggapan dan masukan sesuai kebutuhan 

Kegiatan 4 (5 menit)

  1. Minta peserta untuk menuliskan lima kalimat tentang apa yang harus dilakukan oleh seorang fasilitator pada penyajian sesi agar pembelajaran dapat berjalan efektif. 
  2. Kalimat yang ditulis harus dalam bentuk kalimat pertanyaan yang berkenaan dengan penyajian pembelajaran yang telah mereka diskusikan di sesi ini.

Refleksi dan Penutupan (3 menit)

  1. Mintalah 2-3 Pengamat untuk membacakan hasil pengamatannya selama kegiatan berlangsung. Beri kesempatan jika ada Pengamat yang mempunyai pandangan yang berbeda.
  2. Peserta dapat membaca dengan saksama sesi-sesi yang ditugaskan kepada peserta pada pelatihan berikutnya serta menemukan berbagai kemungkinan penggunaan metode fasilitasi alternatif.
Baca Juga Lembar Kerja Metode Fasilitasi pada link BERIKUT INI
Berikut kami sertakan Link Download Materi dalam bentuk PPTK DISINI

BERITA TERKINI PKB
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.