CARA MENGHEMAT KUOTA MESKIPUN ZOOM MASIH BERJALAN

CARA MENGHEMAT KUOTA MESKIPUN ZOOM MASIH BERJALAN,HEMAT KUOTA ZOOM,MENGHEMAT KOUTA ZOOM MEET,CARA MENGHEMAT KUOTA SAAT ZOOM MEET

CARA MENGHEMAT KUOTA MESKIPUN ZOOM MASIH BERJALAN

Zoom masih banyak digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan bekerja dari rumah (WFH) selama wabah Covid-19 masih berlanjut. Dalam hal penggunaan internet, konferensi video dan perangkat lunak rapat ini mungkin benar-benar menguras Anda. Pikirkan tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam rapat dan dalam pengajaran di kelas. Semakin besar batas internet yang dibutuhkan, semakin lama sesi akan berlangsung. Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan saat menggunakan Zoom untuk mengurangi penggunaan data Anda. Gunakan tips ini untuk menjaga kuota data internet Anda tetap terkendali saat Anda menggunakan Zoom:



1. Nonaktifkan fungsi mikrofon di Aplikasi

Saat Anda tidak berbicara, Anda dapat mematikan mikrofon dan karenanya membatasi jumlah data yang dikirim melalui jaringan. Saat menghadiri konferensi Zoom, Anda dapat memilih untuk segera membungkam mikrofon untuk mencegah kecemasan yang tidak perlu. Ini adalah proses sederhana untuk diikuti:

  • Pada Zoom versi komputer Anda, buka "Pengaturan" di sisi kanan atas.
  • Untuk mengakses panel pengaturan audio, klik opsi audio disisi kiri atas.
  • Pengguna dapat memilih dari pilihan berikut di bidang Audio:
  • "Automatically join audio by computer when joining a team"
  • "Mute my microphone when joining a meeting"
  • "Press and hold SPACE key to temporarily unmute yourself"
  • "Sync button on headset"
  • Mikrofon Anda akan dimatikan saat Anda menghadiri rapat jika keempat pengaturan dicentang,

2. Menonaktifkan kamera Anda.

Anda dapat menggunakan teknik ini jika Anda memasuki percakapan yang tidak terlalu resmi atau santai. Ada kalanya guru atau siswa memiliki kesempatan untuk menyampaikan pemikirannya. Saat pertama kali memasuki ruang konferensi, Anda cukup memilih opsi "Matikan Kamera". Sebagai tuan rumah, Anda juga dapat memblokir fitur kamera peserta lain untuk mengurangi jumlah data yang dikirim melalui internet.

3. Sesuaikan kualitas video HD.

Menggunakan video dalam konferensi Zoom akan menghabiskan semua bandwidth internet yang tersedia. Khususnya jika dalam definisi tinggi (High Definition). Berikut cara mematikan kualitas video HD:

  • Arahkan ke "Pengaturan" atau "Setting".
  • Anda akan menemukan opsi ini di sebelah kiri laman Setelan, di bawah "Video"
  • Hapus centang pada kolom opsi "Aktifkan HD/Enable HD" di bagian "Video Saya/My Video".

4. Opsi Bagikan Layar harus dimatikan.

Berhenti berbagi layar segera setelah Anda selesai menampilkan presentasi. Anda dan orang lain yang mengambil bagian dalam acara tersebut. Saat presentasi selesai dan tampilan kembali normal, Anda dapat meminta peserta lain untuk menonaktifkan berbagi layar.

5. Gunakan platform dokumen online untuk keuntungan Anda.

Platform dokumen online juga dapat digunakan oleh pengguna untuk bertukar informasi, seperti presentasi. Google Spreadsheet, Documents, dan layanan lainnya adalah yang paling populer sekarang, meskipun yang lain tersedia. Alih-alih menggunakan opsi layar Exchange, yang menghabiskan banyak kuota, rapat dapat berbagi makalah dan mendengarkan bersama.

6. Opsi cloud harus digunakan.

Layanan cloud Zoom menawarkan konferensi video sebagai opsi saat mengadakan konferensi. Tidak perlu mengunggah ulang video yang direkam dari PC saat dipindahkan ke layanan cloud nanti. Seperti penggunaan data lainnya saat menggunakan Zoom, ini masalahnya.

7. Kurangi Penggunaan Data Lain

Selama rapat, pengguna harus menahan diri untuk tidak menggunakan program lain, seperti film atau musik, game online, atau mengunggah dan mengunduh file berukuran besar.

APLIKASI BERITA TERKINI TEKNOLOGI
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.