PANDUAN PENGISIAN PDSS 2023

PANDUAN PENGISIAN PDSS 2023,SNPMB 2023,Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023,PANDUAN PENGISIAN PANGKALAN DATA SISWA DAN SEKOLAH 2023,SNPMB,

PANDUAN PENGISIAN PDSS 2023

Panduan Pengisian PDSS 2023
Panduan Pengisian PDSS 2023


PELAJAR MEDIA – Panduan Pengisian PDSS (Pangkalan Data Siswa dan Sekolah) 2023. PDSS menjadi salah satu syarat keikutsertaan sekolah untuk mendaftarkan siswanya masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur SNBP 2023 atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh panitia SNPMB. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:

  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.
  7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  13. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat belum mengisi nilai atau finalisasi data nilai belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.

Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah kesulitan mengisi, silahkan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan pada halaman kontak SNPMB.


Login Sekolah

Sekolah harus login terlebih dahulu sebelum mulai mengisi. Sekolah yang bisa login hanya sekolah yang sudah terdaftar di Portal SNPMB. Berikut ini adalah langkah untuk melakukan login:

  1. Buka url pada laman https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, secara otomatis akan membuka halaman Portal SNPMB untuk melakukan login. Berikut adalah tampilan loginnya: 


Pada halaman tersebut, silahkan login menggunakan akun SNPMB yang telah terdaftar. Apabila sudah masuk menggunakan pasangan username dan password yang benar, maka Anda dapat mengakses halaman PDSS.

2. Jika anda berhasil login, halaman pertama yang muncul adalah halaman Profil Sekolah.

Untuk selengkapnya silahkan DOWNLOAD PANDUAN PENGISIAN PDSS 2023 DISINI

BERANDA BERITA TERKINI
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.