Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023/2024

Program Kerja Ekstrakurikuler Pramuka Tahun 2023/2024 - Pramuka merupakan ekstrakulikuler yang wajib bagi peserta didik di sekolah dari mulai tingkata
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023-2024
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023-2024


PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023/2024


PELAJAR MEDIA - Program Kerja Ekstrakurikuler Pramuka Tahun 2023/2024 - Pramuka merupakan ekstrakulikuler yang wajib bagi peserta didik di sekolah dari mulai tingkatan SD sampai Universitas yang bertujuan supaya anggota atau anak pramuka tersebut menjadi anak yang cakap dan terampil. Pramuka merupakan pola pembinaan yang berjenjang, yang mana dalam gerakan pramuka itu ada beberapa tingkatan yang di pisahkan berdasarkan usia.

Dalam AD dan ART gerakan pramuka berdasarkan UU No 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka ada empat golongan dan tingkatan yaitu : Siaga, Penggalang, Penegak, dan pandega. Dan menurut UU No 12 tahun 2010, tingkatan tersebut berlaku bagi Gerakan Pramuka Indonesia yang berusia 7-25 tahun. Berikut penjelasan tentang empat tingkatan dalam pramuka berdasarkan usia:


Pramuka SD (Pramuka Siaga Usia 7-10 Tahun)

Siaga ialah anggota pramuka muda yang berumur 7- 10 tahun. Pada umur itu mempunyai watak istimewa serta pada dasarnya mereka ialah individu yang sedemikian aktif. Sikap yang muncul ialah rasa keingintahuan curiosity) yang amat besar, suka bernyanyi, berajojing serta bersenandung, senang meniru, sedikit manja, suka mengadu, serta amat senang dipuji. 

Aturan barisan upacara pembukaan serta penutupan latihan mengisyaratkan dunia Siga masih dilindungi serta dibina seluruhnya oleh pembinanya. Siaga porsi latihan terbesarnya yakni Ing ngarsa sung tulada (di depan berikan teladan) sedangkan porsi latihan terkecilnya yakni ing madya mangun karsa (di tengah- tengah membuat atau menggerakkan keinginan/kemauan) serta tut wuri handayani (dari belakang berikan dorongan).

Ada pula tempat berbaur dari satuan gugus depan pramuka Siaga yaitu Perindukan Siaga yang idealnya terdiri atas 18- 24 orang. kelompok kecil dari Siaga yakni barung yang idealnya terdiri atas 6 pramuka Siaga. Perindukan Siaga dipandu oleh Pembina Siaga serta dibantu oleh Pembantu Pembina siaga. 

Karakteristik dari aktivitas Siaga ialah gembira, energik, kekeluargaan, serta berkepribadian. Dalam perihal ini, seseorang pembina mempunyai andil yang sedemikian penting, sebab kunci utama dalam mengemas materi bimbingan serta kreativitas pembina amat dibutuhkan. Semakin akrab ikatan pembina dengan Siaga, ketertarikan siaga untuk belajar akan terus menjadi lebih tinggi. 

Syarat Kecakapan Umum (SKU) siaga ialah ketentuan kecakapan yang harus dimiliki oleh pramuka siaga untuk memperoleh Tanda Kecakapan Umum (TKU) sebagai alat pendorong untuk mendapatkan kecakapan yang bermanfaat untuk kehidupannya. 

Tingkatan kecakapan umum bagi pramuka siaga yakni: 

  • Siaga mula. 
  • Siaga bantu. 
  • Siaga tata. 


Tingkatan kecakapan khusus bagi pramuka siaga yakni: 

  • SKK purwa. 
  • SKK madya. 
  • SKK utama.


Pramuka SMP (Pramuka Penggalang Usia 11-15 Tahun)

Penggalang ialah anggota muda gerakan pramuka yang berumur 11- 15 tahun. Pada umur itu anggota mempunyai watak keingintahuan (curiosity) yang besar, antusias yang kokoh, sangat aktif, serta senang berkelompok. Oleh sebab itu, yang jadi titik berat dari latihannya yaitu pada kegiatan beregu yang dilandasi oleh sistem beregu dalam semua penerapan aktivitas dari pasukan penggalang. 

Upacara pembukaan serta penutupan latihan penggalang telah meluas dibandingkan dengan siaga yang masih tertutup (formasi lingkaran). Ada pula formasi barisannya ialah wujud angkare (barisan berupa U), ialah formasi yang mulai terbuka namun pada bagian akhir sudutnya masih tertutup. Simbol bentuk uppacara ini menandakan kalau penggalang mulai diperkenalkan memandang dengan dunia luar serta pembina penggalang telah mulai membebaskan anggota penggalang dalam melaksanakan tugas lewat pemimpin- pemimpin regu yang jadi tulang punggung di dalam pasukan penggalang.

Aktivitas penggalang mencakup aktivitas yang senantiasa berkepribadian, energik, progresif, dan menantang. Pembina mempunyai andil yang sangat penting dalam mengemas materi latihan serta kreativitas pembina amat diperlukan sehingga 4H ( Health, Happiness, Helpfulness, Handicraft) dapat berhasil di capai. 

Syarat Kecakapan Umum (SKU) serta Syarat Pramuka Garuda (SPG) ialah standar nilai- nilai serta keahlian yang digapai oleh seseorang pramuka. Sebaliknya Syarat Kecakapan Khusus (SKK) ialah standar kompetensi pramuka bersumber pada peminatannya, sehingga tidak seluruh SKK yang ada itu direkomendasikan untuk tercapai.

Tingkatan kecakapan umum bagi pramuka penggalang yaitu: 

  • Penggalang ramu. 
  • Penggalan rakit. 
  • Penggalang terap.


Pramuka Penegak Usia 15-20 Tahun

Penegak ialah anggota muda gerakan pramuka yang berumur 15- 20 tahun. Secara umum umur itu masuk pada era sosial (Kohnstam) ataupun dikatakan pula masa remaja awal ialah masa pencarian jati diri, mempunyai antusias kokoh, senang berdebat, kemauannya kokoh, agak susah dicegah kemauannya bila tidak dengan kesadarannya sendiri,  serta telah mengenal cinta. Kepenegakan ialah latihann ke arah independensi serta tidak jadi beban orang lain, ukhhuawah, mendidik diri sendiri dengan meningkatkan kecakapan untuk bekal dedikasi yang bermanfaat untuk warga, mempunyai metode hidup dengan berdasar Trisatya serta Dasadarma.

Dalam gerakan pramuka ada lembaga- lembaga yang bisa membagikan pendidikan yang khusus yang menjurus pada peminatan yang disebut dengan dSatuan Karya (SAKA) seperti Saka Bahari, Saka Bakti husada, Saka bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Kencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wana Bakti, Saka Wira Kartika, dan Saka yang lainnya. 

Dewan penegak dipandu oleh seseorang pimpinan yang disebut pradana, seseorang pemangku adat, seseorang kerani, seseorang bendaharawan, serta beberapa anggota. Kegiatan penegak ialah aktivitas yang berkepribadian, energik, progresif, menantang, berguna untuk diri serta warga lingkungannya. Dalam sesuatu latihan, bisa dilakukan pengetesan Syarat Kecakapn Umum (SKU), Syarat Pramuka Garuda (SPG), serta Sayarat Kecakapan Khusus (SKK). SKU penegak terdiri atas 2 tingkatan, ialah Penegak Bantara serta Penegak Laksana. 


Pramuka Pandega Usia 21-25 Tahun

Pramuka pandega ialah anggota yang berumur 21 hingga dengan 25 tahun. Tingkatan pramuka Pandega terdapat di Gugus Depan (Rancana) Kwartir. Pendidikann kepramukaan di tingkatan pandega menekankan pada terjbentuknya karakter serta keahlian (keterampilan) supaya bisa turut dan membangun masyarakat melalui aktivitas pada masyarakat. 

Formasi barisan yang dipakai yaitu bersaf satu lurus ataupun seperti lidi. Ada pula arti filosofis yang tercantum dari aturan ini ialah bahwa pandega telah dibebaskan memandang dunia luar serta bisa menentukan arah jalannya sendiri dengan tanggung jawab pembina. Ikatan pembina dengan pandega ialah selaku mitra di mana pembina berperan lebih besar untuk berikan dorongan, dorongan, serta bimbingan (Tut wuri handayani).

Secara simbolis racana pandega ialah dasar penyangga yang menyiapkan inovasi baru, cinta tanah air, pemimpin, serta kepemimpinan masyarakat. Oleh karena itu, wujud aktivitas dalam kepandegaan ialah bina diri, bina satuan, serta bina warga masyarakat. 

Pada gerakan pramuka ada lembaga- lembaga yang bisa memberikan pendidikan khusus yang menjurus pada peminatan yang disebut dengan SAKA. Terdapat 8 Saka serta 8 peminatan dalam gerakan pramuka, seperti gladian pimpinan satuan, KIM, LPK, KPDK, bermacam bimbingan keahlian, bimbingan kewirausahaan, raimuna, serta sebagian perihal lain.

Seorang dewan pandega dipilih oleh anggota racana. Dewan racana dipimpin oleh ketua dengan susunan sebagai berikut: 

  • Seorang ketua. 
  • Seorang pemangku adat. 
  • Seorang sekretaris. 
  • Seorang bendahara. 
  • Beberapa anggota.

Demikian penjelasan singkat tentang pramuka dan macam-macam pramuka (tingkatan pramuka). Dalam suatu kegiatan tentunya harus terprogram dan terencana, oleh karena itu perlu disusun dan di buat suatu program kerja pramuka sebagai acuan atau panduan dalam melaksanakan pendidikan atau latihan kepramukaan.


PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023/2024
PROGRAM KERJA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN
SEKOLAH/MADRASAH ........
TAHUN PELAJARAN 2023-2024


A.    Nama Program :

Kegiatan Ekstrakurikuler kepramukaan siswa Sekolah/Madrasah ......2023-2024.


B.     Tujuan Program :

  • Menciptakan pedoman kegiatan yang teratur dan terarah.
  • Meningkat kembangkan bakat dan minat serta kemampuan siswa dalam berorganisasi terutama dalam kepramukaan.
  • Meningkatkan prestasi kemampuan kepramukaan siswa.
  • Meningkatkan citra/prestise atau nama baik sekolah di masyarakat.
  • Melaksanakan program kurikulum 2013

C.     . Pelaksanaan Kegiatan :

  • Kegiatan wajib latihan untuk kelas ..... dilaksanakan setiap hari Jumat minggu ke 1 dan ke 3.
  • Kegiatan wajib latihan untuk kelas .... dilaksanakan setiap hari Jumat minggu ke 2
  • Kegiatan wajib latihan untuk kelas ..... dilaksanakan setiap hari Jumat minggu ke 4.
  • Kegiatan Pengembangan Dewan Ambalan dilaksanakan setiap sore sepulang sekolah.
  • Kegiatan diarahkan pada pembentukan Karakter dan Kepribadian dengan peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk memperoleh Life Skill.
  • Kegiatan rutin dilaksanakan di Sekolah/Madrasah....

Jika diperlukan maka kegiatan latihan dapat dilaksanakan di tempat lain dengan seijin Kepala Sekolah/ Waka Kesiswaan.

Pengembangan kegiatan dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan lomba dan kegiatan ditingkat Ranting, Cabang, Daerah, dan Nasional. Jika dianggap perlu maka waktu latihan/kegiatan dapat diubah atau ditambah.


D.    Pelaksana Kegiatan :

Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan dilaksanakan oleh tim Pembina Gugus depan  yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah selaku Kamabigus serta jika diperlukan dapat meminta bantuan dari anggota Dewan Alumni.

Pengembangan kegiatan kepramukaan dilaksanakan secara rutin oleh Dewan Ambalan yang dipilih melalui Musyawarah Ambalan.


E.     Macam – macam Kegiatan :

1.        Kegiatan wajib untuk kelas ......

  • Latihan rutin setiap hari Jumat.
  • Upacara Penerimaan Pramuka Penegak Tamu.
  • Kemah Pelantikan Penegak Calon
  • Kegiatan Ibadah.
  • Kegiatan Bakti Kampus dan Bakti Masyarakat

2.       Kegiatan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan  Kepramukaan:

  • Musyawarah Ambalan
  • Dewan Ambalan.
  • Kemah Latihan Karya (KELAKAR).
  • Penegak Bantara
  • Kunjungan, Anjangsana, dan Studi Banding.
  • Gladian Pimpinan Sangga.
  • Mengikuti atau menyelenggarakan perlombaan (Lomba Galang Tangguh).
  • Mengikuti Kegiatan Kesakaan
  • Mengadakan kegiatan Wirausaha.
  • Latihan bersama Gudep lain.
  • Meningkatkan produktivitas lahan dan Asrama Pramuka
  • Partisipasi Kegiatan tingkat Ranting sampai Nasional.

3.       Kegiatan Orang Dewasa/ Pembina.

  • Rapat Koordinasi  rutin maupun incidental.
  • Karang Pamitran Pembina.
  • Rapat/ Sidang Dewan Kehormatan.
  • Pendampingan Berbagai Kegiatan Ambalan.


F.      Pembina Kegiatan :

Pembina Pramuka sebagaimana tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah/Madrasah ......

Anggota Dewan Alumni Ambalan Syekh Zaenuddin dan Siti Ratna Mujibah jika diperlukan.

Pelatih atau Instruktur Profesional dari lembaga-lembaga terkait yang dibutuhkan dalam kegiatan tertentu.


G.    Biaya Kegiatan :

Seluruh  kegiatan   kepramukaan dibiayai   melalui :

  • Anggaran Gugus depan yang disetujui oleh Kepala Sekolah/Madrasah....... melalui dana Komite Sekolah dan dana BOS
  • Iuran-iuran kegiatan insidental dari siswa/ peserta kegiatan.
  • Hasil kegiatan wirausaha Dewan Ambalan.
  • Hadiah dari prestasi yang diperoleh (Jika ada).
  • Bantuan dari pihak lain dan tidak bersifat mengikat.
  • Kerjasama dengan pihak lain melalui MOU (Memorandum Of Understanding).


MATERI LATIHAN KEPRAMUKAAN SEKOLAH/MADRASAH ....

PENGETAHUAN

  • PENGERTIAN, SIFAT DAN FINGSI PRAMUKA
  • SEJARAH KEPANDUAN
  • SEJARAH LEPRAMUKAAN
  • STRUKTUR ORGANISASI PRAMUKA
  • STRUKTUR ORGANISASI GUGUS DEPAN PRAMUKA
  • SISTEM AMONG
  • POK DAN MK
  • ARTI KIASAN LAMBANG PRAMUKA
  • KODE ETIK DAN KODE KEHORMATAN PRAMUKA
  • MAJELIS PEMPIMBING (MABI)
  • UNDANG-UNDANG NO 12 TAHUN 2010
  • SATUAN TERPISAH
  • GOLONGAN DALAM PRAMUKA
  • TINGKATAN ANGGOTA PRAMUKA
  • PAKAIAN SEAGAM PRAMUKA
  • MUSYAWARAH DALAM PRAMUKA
  • TANDA-TANDA UMUM PRAMUKA
  • TANDA-TANDA TINGKATAN/KECAKAPAN PRAMUKA
  • UNDANG-UNDANG NO 12 TAHUN 2010
  • ISTILAH-ISTILAH PRAMUKA
  • ARTI KIASAN PENGGOLONGAN PRAMUKA
  • SATUAN TERPISAH
  • SATUAN KARYA PRAMUKA (SAKA)
  • KEWIRAUSAHAAN DALAM PRAMUKA
  • MACAM-MACAM PERMAINAN PRAMUKA
  • BERKEMAH
  • ORGANISASI KEGIATAN
  • MACAM-MACAM UPACARA PRAMUKA
  • SANDI AMBALAN
  • PUSAKA AMBALAN
  • NAMA AMBALAN
  • UNDANG-UNDANG NO 12 TAHUN 2010
  • KIBARAN CITA AMBALAN
  • SAR DAN SURVIVAL
  • BELA NEGARA
  • AD/ART PRAMUKA
  • MACAM-MACAM API UNGGUN


KETERAMPILAN PRAMUKA

  • SANDI
  • TALI TEMALI
  • PIONERING
  • PPGD
  • PPB
  • PENDIRIAN TENDA
  • HALANG RINTANG
  • WIDE GAME
  • MEMASAK
  • UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN
  • UPACARA PENUTUPAN LATIHAN
  • UPACARA PENERIMAAN PENEGAK TAMU
  • UPACARA PELANTIKAN PENEGAK CALON
  • KOMPAS
  • MOUNTENERING
  • OUT BOND/PERMAINAN
  • API UNGGUN
  • LAGU-LAGU PRAMUKA
  • PENTAS SENI
  • MENAKSIR
  • PETA PANORAMA
  • PETA PITA
  • TEKNIK SAR/SURVIVAL
  • PIDATO
  • DISKUSI
  • TANDA JEJAK
  • KIM
  • TEKNOLOGI TEPAT GUNA
  • HASTA KARYA
  • MUSYAWARAH
Selengkapnya file PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TAHUN 2023/2024 bisa didowload

DISINI

BERANDA MADRASAH