Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

DOWNLOAD PROGRAM KERJA UJIAN MADRASAH TAHUN 2022

DOWNLOAD PROGRAM KERJA UJIAN MADRASAH TAHUN 2022,UNDUH PROGRAM KERJA UJIAN MADRASAH TAHUN 2022,DOWNLOAD PROKER UJIAN MADRASAH TAHUN 2022,UNDUH PROKER,

DOWNLOAD PROGRAM KERJA UJIAN MADRASAH TAHUN 2022

Penilaian hasil belajar merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Penilaian adalah tindakan mengumpulkan dan menganalisis data/ informasi dalam rangka menilai hasil belajar siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Didalam dunia pendidikan, kegiatan penilaian hasil belajar meliputi: 1) penilaian harian (PH), yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah menyelesaikan satu atau lebih kompetensi dasar (KD); 2) penilaian akhir semester (PAS), yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester gasal; dan 3) penilaian akhir tahun (PAT), yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap.



Ujian Madrasah (UM) mencakup semua topik yang diajarkan di kelas akhir satuan pendidikan, termasuk kelompok mata pelajaran wajib dan materi lokal. Siswa madrasah pada akhir jenjang akademiknya mengikuti Ujian tertentu sebagai salah satu kriteria kelulusan. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah memberikan izin penuh kepada lembaga pendidikan, dalam hal ini Madrasah, untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk menilai pencapaian kriteria kompetensi lulusan siswanya.

Untuk membakukan pelaksanaan Ujian Madrasah (UM), kami panitia Ujian Madrasah di lingkungan MI/MTs/MA/MAK satuan pendidikan ........ menyusun dan menetapkan Program Kerja Ujian Madrasah (UM) sebagai pedoman bagi pengelola Madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan Ujian Madrasah pada tahun pelajaran 2021/2022.

Dasar Penyelenggaraan Ujian Madrasah

  1. Keputusan Menteri Agama melalui Direktur Jenderal Pendidika  Islam Nomor 455 Tahun 2022 Tentang Prosedur Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. 
  2. Rapat Kepala Madrasah dan Dewan Guru MI/MTs/MA/MAK ……………. Hari …….. tanggal …… Maret 2022 Tentang Pembentukan Panitia Ujian Madarasah dan Program Kerja Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Tujuan dan Fungsi Ujian Madrasah

Ujian Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Ujian Madrasah berfungsi sebagai :

  1. Indikator pencapaian kompetensi peserta didik.
  2. Umpan balik bagi madrasah untuk kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di waktu berikutnya.
  3. Pemenuhan salah satu syarat penentuan kelulusan.

Prosedur Operasional Ujian Madrasah

  1. Madrasah ………………………. adalah satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan  dengan  kekhasan agama Islam.
  2. Ujian Madrasah yang selanjutnya disingkat UM adalah ujian yang diselenggarakan oleh MI/MTs/MA……………., yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa  dengan  mengacu  pada Standar Kompetensi Lulusan.
  3. Kisi-kisi UM adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit  naskah soal UM yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian  Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.
  4. Paket naskah soal UM adalah variasi perangkat tes, terdiri atas sejumlah butir soal atau penugasan kelas …., … dan …. yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi UM.
  5. Lembar Jawaban Ujian Madrasah yang selanjutnya  disingkat LJUM adalah salah satu bentuk lembaran kertas yang digunakan peserta untuk menjawab soal tes tulis UM.
  6. Bahan UM adalah bahan yang digunakan dalam penyelenggaraan UM yang mencakup naskah soal atau naskah tugas, LJUM atau lembar pengamatan/lembar penilaian, berita acara, daftar hadir, dan tata tertib.
  7. Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang selanjutnya disingkat MGMP dan sejenisnya adalah yang mengembangkan soal-soal Ujian Madrasah berdasarkan kisi-kisi sesuai KMA 183.
  8. Ujian Madrasah MI/MTs/MA………… Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan dalam jaringan (daring) untuk mencegah penularan Covid-19.
  9. Hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan Ujian Madarasah MI/MTs/MA…………… tercantum dalam Program Kerja.

Unduh Program Kerja Ujian Madrasah (UM) Tahun 2022

Untuk mendapatkan file lengkap Program Kerja Ujian Madrasah Tahun 2022 sahabat bisa klik tombol unduh dibawah ini:


Baca Juga:

DOWNLOAD PROGRAM KERJA UJIAN MADRASAH TAHUN 2022

APLIKASI EXCEL ADMINISTRASI UJIAN TAHUN 2022

APLIKASI SKL DAN SKHU SD/MITAHUN 2022 VERSI EXCEL

APLIKASI SKL DAN SKHU SMP/MTs TAHUN 2022 VERSI EXCEL

APLIKASI SKL DAN SKHU SMA/SMK/MA/MAK TAHUN 2022 VERSI EXCEL

Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SD/MI Lengkap

Download Kumpulan Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SMP/MTs Lengkap

Download Soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) SMA/SMK/MA/MAK Lengkap

Download POS Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun 2021/2022

Download Kisi Kisi Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) Tahun 2021/2022


ADMINISTRASI BERITA TERKINI