Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA

PELAJAR MEDIA -  MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/ SMK/ MA/ MAK/ SLTA

Menurut hasil Ujian Nasional 2019, siswa di Madrasah Aliyah (MA) menyerap bahasa Inggris lebih sedikit dibandingkan siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Oleh karena itu, pendidik harus terlibat dlm rangkaian  kegiatan  MGMP  ini dlm  rangka  mempelajari  bahan ajar , memperkaya pengalaman belajar yg  bermanfaat  bagi siswa, mengembangkan instrumen penilaian HOTS, dan merefleksikan pembelajarannya sendiri guna meningkatkan kompetensinya sendiri dan membantu siswa dalam mencapai kompetensi.

Gambar 1.1. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Pembelajaran Bahasa Inggris - Unit Pembelajaran 1 


MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA

Modul (Unit Pembelajaran) ini dimaksudkan sebagai sumber daya bagi para pengajar PKB. Unit Pembelajaran ini mencakup tujuan kompetensi yang harus dimiliki instruktur untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif dan membantu siswa mencapai keterampilan dasar mereka. Bahan bacaan sengaja diringkas dan ringkas untuk membantu instruktur dalam memahami informasi dan menghindari kesalahan konseptual.

Gagasan rekomendasi transaksional dan menyediakan materi teks terkait dengan dunia nyata dan menggabungkan keyakinan Islam untuk mendorong pembelajaran kontekstual sambil menanamkan kualitas karakter kepada anak-anak. Selain itu, Unit Pembelajaran memuat contoh kegiatan pembelajaran alternatif, lembar kegiatan siswa (LKPD), dan contoh soal pengembangan untuk membantu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian yang sesuai dengan daya dukung madrasah dan karakteristik siswa. Pada penutup Unit Pembelajaran terdapat kegiatan penilaian formatif yang dpt digunakan sebagai sarana evaluasi  diri  untuk  pengajar  sebelum  melakukan Penilaian  Kinerja  Guru  (PKG),  maupun  bagi siswa  dlm  penguasaan  topik.

Tujuan modul MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru melalui kegiatan PKB
  2. Peningkatan temuan penilaian kompetensi guru (AKG)
  3. Menyediakan instruktur dan siswa dengan sumber daya untuk menetapkan kurikulum, mempersiapkan, dan melaksanakan pembelajaran pendidikan

Manfaat yang dicapai dari MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai nara sumber bagi instruktur yang tertarik untuk mengadopsi PKB
  2. Menjadi sumber bagi pendidik dalam merumuskan rencana pendidikan dan melaksanakan pembelajaran.
  3. Sebagai alat bagi instruktur untuk melakukan penilaian diri dalam rangka meningkatkan keterampilan pedagogik dan profesional mereka.
  4. Sebagai pedoman bagi pengajar dalam menyusun instrumen untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.

A. Pengantar

Sebagai makhluk sosial kita akan selalu berhubungan dengan orang lain. Dalam berhubungan atau bersosialisasi tersebut kadang –kadang ada yang meminta saran, nasihat, pertolongan, dan ada yang menawarkan jasa atau bantuan. Di dalam belajar bahasa Inggris diajarkan cara memberi saran dan menawarkan sesuatu serta cara meresponnya dengan cara yang santun.

Menurut Peraturan Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 tahun 2018, materi suggestion dan offer diajarkan di kelas XI pad semester gasal dengan nomor KD 3.1. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memeberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai konteks penggunaannya. Dan dalam KD 4. 1 Menyusun teks interaski transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatakan tindakan memeberi dan meminta informasi terkait saran dan tawran, dengan memeprhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahsaan yang benar sesuai konteks.

B. Aplikasi kehidupan nyata

Ketika berinteraksi dengan sesama manusia (hablu minanaas), kita sering mencari dan memberikan bimbingan satu sama lain. Selain itu, kita sering melakukan penawaran kepada orang lain, baik berupa produk maupun jasa. Sesi ini akan fokus pada bagaimana kita berkomunikasi satu sama lain dengan menerima atau menolak ide/penawaran secara resmi atau tidak resmi.

Present adalah saran atau usul resmi dan tidak resmi yang dibuat oleh seseorang di sana. Ide dan penawaran lamaran sering diantisipasi dari individu yang menunjukkan rasa hormat kepada orang lain atau memiliki standar moral yang tinggi.

Modul atau Unit Pembelajaran ini adalah jenis sumber belajar yang mencakup berbagai sumber seperti isi mata pelajaran, standar kompetensi dan keterampilan dasar, tujuan dan indikator pembelajaran, kegiatan siswa, penilaian, instrumen HOTS, tindak lanjut, dan daftar pustaka. Aplikasi dunia nyata dan integrasi Islam juga disertakan dalam sesi ini.

Konten profesional dan pendidikan termasuk dalam kursus ini, yang berfokus pada penggunaan TIK dalam pendidikan. Ini menjadi instrumen pengajaran utama di era Revolusi Industri 4.0 dan wabah Covid-19 (Work From Home). Anak-anak yang lahir antara tahun 1995 dan 2010 (Generasi Z) diajari tentang isu-isu yang paling penting bagi kaum muda saat ini. Untuk menjadi guru yang baik, kita harus dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi di kelas kita.

MGMP/KKG dimaksudkan untuk memanfaatkan UP sebagai bahan ajar kegiatan PKB sebagai bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Tujuan PKB secara keseluruhan adalah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan pendidikan. Perbaikan diri adalah salah satu dari empat bentuk PKB. Berpartisipasi dalam acara MGMP, menghadiri seminar dan lokakarya, dan mengambil kursus yang terkait dengan tanggung jawab mengajar adalah contoh pengembangan profesional.

Untuk tujuan pendidikan dan referensi, saya berharap Up ini dapat bermanfaat.

Download  MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA dalam kegiatan PKB di bawah ini:

  1. UP 1 BHS INGGRIS_EXPRESSING SUGGESTION AND OFFER DOWNLOAD
  2. UP 2 BHS INGGRIS (PASSIVE VOICE) DOWNLOAD
  3. UP 3 B.Inggris (Language Focus in Context) DOWNLOAD
  4. UP 4 BHS INGGRIS (SHORT FUNCTIONAL TEXT) DOWNLOAD
  5. UP 5 BHS INGGRIS (DESCRIPTIVE TEXT) DOWNLOAD
  6. UP 6 BHS INGGRIS (RECOUNT TEXT) DOWNLOAD
  7. UP 7 BHS INGGRIS (HORTATORY EXPOSITION TEXT) DOWNLOAD
  8. UP 8 BHS INGGRIS (ANALYTICAL EXPOSITION TEXT) DOWNLOAD
  9. UP 9 BHS INGGRIS (EXPLANATION TEXT) DOWNLOAD
  10. UP 10 BHS INGGRIS (NEWS ITEM TEXTS) DOWNLOAD

Baca Juga Modul PKB SLTA:

BAHASA INDONESIA (DISINI)

BAHASA INGGRIS (DISINI)

BIMBINGAN DAN KONSELING (DISINI)

BIOLOGI (DISINI)

EKONOMI (DISINI)

FISIKA (DISINI)

KIMIA (DISINI)

MATEMATIKA (DISINI)

Posting Komentar untuk "MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SMA/SMK/MA/MAK/SLTA"