MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/SMK/MA/MAK/SLTA

MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/ SMK/ MA/ MAK/ SLTA,MODUL BIOLOGI SLTA,MODUL PKB BIOLOGI SLTA,MODUL BIOLOGI MA,MODUL BIOLOGI PKB MA,MODUL PKB BIOLOGI,

PELAJAR MEDIA - MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/SMK/MA/MAK/SLTA

Gambar 1.1. Unit Pembelajaran 1 - Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Biologi

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah telah menyusun rencana pelaksanaan PKB bagi guru madrasah yang melibatkan KKG/MGMP/MGBK, Kanwil Kemenag Provinsi, dan Kemenag Pusat. Diperlukan modul untuk mendukung program tersebut dengan menyediakan sumber bahan ajar alternatif bagi pengajar untuk mempelajari isi materi, merencanakan pembelajaran dan cara mengajarkannya, membuat LKS, membuat instrumen penilaian, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.


Tujuan modul MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/SMK/MA/MAK/SLTA ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru melalui kegiatan PKB.
  2. Peningkatan Hasil Penilaian Kompetensi Guru (AKG).
  3. Menyediakan instruktur dan siswa dengan sumber daya untuk menetapkan kurikulum, mempersiapkan, dan melaksanakan pembelajaran pendidikan

Manfaat yang dicapai melalui MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/SMK/MA/MAK/SLTA ini antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai nara sumber bagi pengajar dalam melaksanakan PKB dalam rangka memenuhi tujuan kompetensi pedagogik dan profesional tertentu.
  2. Menjadi nara sumber bagi pengajar dalam pengembangan, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan.
  3. Sebagai bahan untuk melakukan penilaian diri guru dalam rangka pengembangan profesionalisme.
  4. Sebagai nara sumber untuk menyelenggarakan dan melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar siswa.
  5. Sebagai sumber untuk membantu siswa dalam memperoleh kemampuan dasar yang diperlukan.

Sasaran kompetensi guru didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Kompetensi Guru dan Akademik. Kompetensi yang ditargetkan pada Unit Pembelajaran ini hanya yang terkait dengan kompetensi pedagogik dan profesional.

  1. Buat rencana pembelajaran yang komprehensif.
  2. Mengklasifikasikan makhluk hidup secara edukatif
  3. Mengevaluasi desain pembelajaran dan hasil belajar siswa untuk berbagai tujuan
  4. Memperoleh pemahaman yang mendalam tentang substansi, struktur, gagasan, dan sikap ilmiah di balik pengkategorian benda-benda biologis.

Indikator kompetensi guru yang dicapai dari MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/ SMK/ MA/ MAK/ SLTA ini adalah:

  1. Jelaskan mengapa perlu mempelajari tentang pengkategorian makhluk hidup.
  2. Mengembangkan tata bahasa pembelajaran yang sesuai untuk memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran
  3. Mengembangkan indikator dan metode untuk menganalisis dan mengevaluasi proses dan konsekuensi belajar siswa
  4. Mengklasifikasikan makhluk hidup secara edukatif di dalam kelas/di luar kelas
  5. Menggunakan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik bahan ajar dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran secara keseluruhan.
  6. Mengevaluasi prestasi pendidikan siswa
  7. Menganalisis hasil belajar siswa dengan tujuan meningkatkan dan/atau meningkatkan pembelajaran.
  8. Membuat kunci langsung untuk penentuan
  9. Dengan menggunakan kunci keputusan langsung
  10. Buat fenogram
  11. Cara membuat kladogram
  12. Interpretasi kladogram

Unit Pembelajaran ini disusun sebagai salah satu aternatif sumber belajar bagi guru maupun peserta didik untuk memahami materi klasifikasi makhluk hidup. Melalui pembahasan materi pada Unit Pembelajaran ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi tersebut kepada peserta didik. Sementara bagi peserta didik, dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.

Unit Pembelajaran ini dilengkapi dengan target kompetensi/capaian pembelajaran guru maupun peserta didik agar terjadi sinkronisasi antara kompetensi yang harus dimiliki guru dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik. Bahan bacaan sengaja disusun secara singkat dan padat sehingga diharapkan memudahkan guru dan peserta didik dalam memahami konten dan menghindarkan dari kesalahan konsep. Aplikasi klasifikasi makhluk hidup dalam dunia nyata serta integrasi nilai-nilai keislaman akan mendorong pembelajaran yang kontekstual sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik.

Unit Pembelajaran juga dilengkapi contoh alternatif aktivitas pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik (LKPD), dan contoh kisi-kisi pengembangan intrumen penilaian HOTS guna memudahkan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan daya dukung madrasah dan karakteristik peserta didik. Di akhir Unit Pembelajaran terdapat latihan tes formatif yang dapat dijadikan intrumen penilaian diri bagi guru sebelum melaksanakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) maupun peserta didik dalam hal penguasaan materi.

Aplikasi dalam Kehidupan

Tentu kita pernah pergi berbelanja ke pasar atau supermarket. Kita akan lebih mudah menemukan apa yang kita cari karena penataan sayur, buah, dan bahan makanan lain sudah dibuat berkelompok. Seperti yang terlihat pada Gambar 2, selain memudahkan, pengelompokan ini juga terlihat indah dan menarik.

Pengelompokan sayur dan buah yang dilakukan di pasar atau supermarket dilakukan berdasarkan persamaan ciri dan manfaat dari bahan makanan tersebut. Kegiatan pengelompokan dalam istilah biologi dikenal dengan klasifikasi. Hal tersebut sering kita lakukan di kehidupan sehari-hari dengan tujuan untuk memudahkan pencarian bahan makanan ataupun produk yang kita butuhkan.

Anda telah mempelajari modul ini, selanjutnya Anda dapat menerapkan desain pembelajaran yang telah disusun kepada peserta didik di kelas masingmasing. Semoga Unit Pembelajaran ini dapat menjadi referensi Anda dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS, terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, dan literasi dalam rangka mencapai kecakapan Abad ke-21, membentuk generasi unggul yang moderat, beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

Aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam modul ini perlu Anda sesuaikan dengan kondisi nyata kelas Anda masing-masing. Anda perlu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas Anda, sehingga memudahkan mengimplementasikan secara teknis. Selain itu, Anda masih perlu mengembangkan instumen penilaian lainnya yang berorientasi HOTS dengan mengacu pada contoh kisi penilaian yang disajikan dalam modul. Anda perlu mengaktifkan diri dalam kegiatan MGMP Biologi untuk melakukan hal tersebut serta mengembangkan modul secara bersama rekan sejawat guru biologi lainnya.

Penulis menyadari bahwa modul ini masih banyak kekurangan. Untuk itu, penulis mengharap saran dan masukan yang membangun demi lebih sempurnanya modul ini maupun dalam upaya perbaikan dan pengembangan modul pembelajaran lainnya. Semoga modul pembelajaran ini bermanfaat bagi khasanah ilmu pengetahuan dan pembelajaran secara umum maupun bagi pihakpihak yang memerlukan.

DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA/SMK/MA/MAK/SLTA, PELAJAR MEDIA sampaikan di bawah ini:

  1. UP 1 Klasifiksi Makhluk Hidup DOWNLOAD
  2. UP 2 Ekologi DOWNLOAD
  3. UP 3 Struktur dan Fungsi Tumbuhan DOWNLOAD
  4. UP 4 Struktur dan Fungsi Hewan DOWNLOAD
  5. UP 5 Biologi Molekular DOWNLOAD
  6. UP 6 Bioteknologi DOWNLOAD
  7. UP 7 Biologi Sel Finish DOWNLOAD
  8. UP 8 Metabolisme Finish DOWNLOAD
  9. UP 9 Virus DOWNLOAD
  10. UP 10 Bakteri DOWNLOAD


Baca Juga Modul PKB SLTA:

BAHASA INDONESIA (DISINI)

BAHASA INGGRIS (DISINI)

BIMBINGAN DAN KONSELING (DISINI)

BIOLOGI (DISINI)

EKONOMI (DISINI)

FISIKA (DISINI)

KIMIA (DISINI)

MATEMATIKA (DISINI)

ADMINISTRASI BERITA TERKINI PKB
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.