Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ADMINISTRASI TATA USAHA (TU) SEKOLAH/ MADRASAH LENGKAP

ADMINISTRASI TATA USAHA (TU) SEKOLAH/ MADRASAH LENGKAP

Administrasi adalah bagian di dalam instansi yang mendukung proses belajar mengajar. Administrasi merupakan salah satu unsur sekolah yang berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar, agar semua berjalan lancar dan sesuai rencana. Dengan kemajuan zaman yang saat ini dikenal dengan era globalisasi, maka fungsi administrasi harus dapat lebih meningkatkan kualitas teknologi, khususnya teknologi informasi atau era komputerisasi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik. Akibatnya, semua personel administrasi harus melek teknologi. Kehadiran administrasi di setiap organisasi sangat penting untuk menjalankan operasi, dan kemajuan seiring dengan perkembangan zaman teknologi informasi mungkin lebih efektif daripada administrasi itu sendiri.



Tata Usaha (TU) merupakan salah satu unit kerja pendukung organisasi dan berperan penting dalam pencapaian tujuan organisasi. Dengan peran dan aktivitasnya sebagai unit pendukung, TU sama pentingnya dengan unit-unit lain dalam organisasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi unit ini untuk terus memberikan layanan terbaik kepada konsumen internal dan eksternal. Klien internal di sekolah meliputi warga sekolah, seperti siswa, pengajar, dan tenaga kependidikan. Orang tua, pemerintah, pengusaha, alumni, tokoh masyarakat, masyarakat, pengawas sekolah, komite sekolah, lembaga swadaya masyarakat, dan asosiasi profesi merupakan konsumen eksternal sekolah.

Ketatausahaan menjadi penting karena ketatausahaan dapat membantu dan mempermudah subsistem yang lain seperti bagian kesiswaan, kurikulum, administrasi personel, dan lainnya. Dalam hal ini ada istilah yang disebut dengan mekanisme bantu artinya kegiatan ketatausahaan sekolah dapat dipergunakan untuk membantu pimpinan (Kepala Sekolah) dalam mengambil keputusan, sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses administrasi, dengan data yang diperlukan. Bila administrasi ketatausahaan berjalan dengan baik maka kegiatan yang menyangkut pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik pula. Untuk itu, diperlukan staf tata usaha yang profesional dan kompeten dibidangnya.

DOWNLOAD ADMINISTRASI TATA USAHA (TU) SEKOLAH/ MADRASAH LENGKAP DI BAWAH INI:

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "ADMINISTRASI TATA USAHA (TU) SEKOLAH/ MADRASAH LENGKAP"