Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM)

PELAJAR MEDIA - Beasiswa Indonesia Maju atau disingkat BIM merupakan Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler). Apa itu Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler)? Simak selengkapnya di bawah ini.

BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM)
BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM)


Dikutip dari Pedoman Beasiswa Indonesia Maju bahwa Beasiswa Indonesia Maju untuk selanjutnya disebut BIM adalah program beasiswa yang diberikan kepada peserta didik/lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. BIM terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non gelar (non degree). Program beasiswa bergelar jenjang S1 dan S2 dilaksanakan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan, sedangkan program beasiswa non gelar, yaitu Program Persiapan S1 Luar Negeri, dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri adalah program beasiswa yang diberikan guna mempersiapkan peserta didik berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk memperoleh kesempatan pendidikan S1 di luar negeri.

BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 diberikan kepada peserta didik kelas XI tahun ajaran 2021/2022 pada jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada bidang:

1. Sains, Riset, Teknologi dan Inovasi, 

2. Bidang Seni, Literasi, dan Bahasa, 

3. Bidang Olahraga dan Kesehatan Jasmani, 

4. Bidang Vokasi dan Kewirausahaan.

Prestasi tersebut dapat berasal dari ajang talenta yang diselenggarakan/difasilitasi oleh Puspresnas maupun dari ajang dan non-ajang talenta dari luar Puspresnas.

Pedoman ini berlaku untuk BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler), yaitu program yang diluncurkan untuk mendukung dan mempersiapkan peserta didik berprestasi untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di Perguruan Tinggi Luar Negeri tahun akademik 2023/2024.

Siapa saja sasaran BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler)?

Peserta didik kelas XI jenjang pendidikan menengah dan pendidikan khusus (SMA/ SMK/ MA/ sederajat) pada tahun ajaran 2021/2022 yang berprestasi dan bertalenta.

Kriteria dan Persyaratan BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 (Reguler)

Kriteria dan persyaratan umum peserta didik berhak mengikuti Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 2 adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Peserta didik kelas XI SMA/SMK/MA/sederajat pada tahun ajaran 2021/2022;
  3. Memiliki prestasi pada ajang talenta dan/atau non-ajang talenta;
  4. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon pemimpin masa depan bangsa;
  5. Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lainnya dengan peruntukan komponen biaya yang sama;
  6. Memiliki kefasihan berbahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya sesuai dengan negara tujuan studi;
  7. Bagi penyandang disabilitas wajib menyertakan jenis kekhususannya dari spesialis atau dokter ahli yang sesuai dengan ketunaannya;
  8. Mengisi pro¬l diri pada formulir pendaftaran online pada laman pendaftaran Beasiswa Indonesia Maju: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/beasiswa-indonesia-maju/

Untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan lainnya silahkan DOWNLOAD panduan Beasiswa Indonesia Maju dengan cara KLIK tombol Download di Bawah ini:

Baca Juga:

BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM) DISINI

PROGRAM BEASISWA SANTRI BERPRESTASI (PBSB) 2022 DISINI

BEASISWA PENDIDIKAN INDONESIA (BPI) BERGELAR TAHUN 2022 DISINI

Posting Komentar untuk "BEASISWA INDONESIA MAJU (BIM)"