Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)

PELAJAR MEDIA - PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)

Pendidikan matematika di Madrasah Ibtidaiyah (MI) menjadi landasan bagi berbagai program pendidikan matematika di madrasah. Tingkatan ini menjadi landasan bagi tahapan-tahapan berikutnya di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Isu yang harus diperhatikan oleh semua pendidik di tingkat MI adalah: Benarkah matematika dipelajari di kelas MI? Benarkah anak belajar matematika melalui pemecahan masalah di buku matematika atau LKPD? Apakah benar-benar layak untuk mengembangkan kemampuan berhitung yang diperlukan seseorang untuk berpartisipasi secara bermakna dalam kehidupan sosial melalui proses yang ada?

Dengan demikian, sangat penting bagi MI untuk memiliki proses pembelajaran matematika yang menganut pedagogi dan ide-ide matematika, memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang diinginkan.

Gambar 1.1. PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) - Pelajar Media

Apa saja mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah?

Guru dapat mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Di MI, Standar Matematika tentang "Angka" berikut dipelajari:

  • Memahami angka, representasinya, hubungan di antara mereka, dan sistem angka
  • Mengenali arti operasi matematika dan hubungannya;
  • Menghitung, melaksanakan prosedur matematika secara efisien, dan menghasilkan perkiraan yang tepat.

Pengetahuan dan pemahaman guru tentang kemampuan yang ditunjukkan dalam perangkat kompetensi ini harus ditingkatkan. Guru harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan dan bagaimana hal itu dapat dicapai untuk menjangkau siswa. Guru yang memiliki harapan tinggi terhadap pembelajaran siswanya akan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa mereka mengembangkan kapasitas untuk berpikir dan bernalar secara matematis, serta pengetahuan dan kemampuan matematika yang diperlukan untuk memecahkan masalah pada tingkat yang sesuai.

Setelah menentukan apakah standar matematika ada di tingkat MI, instruktur harus mengetahui dan memahami prosedur untuk membantu siswa dalam memenuhi tujuan standar ini.



TUJUAN - PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)

Tujuan dari modul ini adalah untuk membantu pengajar Madrasah Ibtidaiyah:

  1. Memperoleh pemahaman tentang ide dan metode pembelajaran matematika di MI.
  2. Kekuatan dan kelemahan sebagai guru yang bertanggung jawab atas pendidikan matematika dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengatasi kekurangan diri dan membangun kekuatan.
  3. Mengenal dan mampu memilih pendekatan pembelajaran matematika yang dapat diterima oleh siswa kelas.
  4. Mampu melakukan evaluasi yang ditujukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran matematika di MI.

Target Kompetensi Guru

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)
Gambar 1.2. Target Komptensi Guru - PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)

Target Kompetensi Siswa

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)
Gambar 1.3. Target Kompetensi Siswa - PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)

A. Pengantar

Eksplorasi bilangan sangat penting dilakukan untuk membantu peserta didik memahami konsep bilangan dan membangun gagasan matematika. Eksplorasi bilangan dapat membantu peserta didik meningkatkan keterampilan berhitung, memahami hubungan antar bilangan, merepresentasikan bilangan, dan membuat estimasi-estimasi (perkiraan) yang masuk akal untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep bilangan akan didapatkan melalui kegiatan-kegiatan penyelidikan, eksplorasi dalam kehidupan nyata dengan menggunakan benda-benda konkret.

Unit Pembelajaran ini disusun sebagai salah satu alternatif sumber belajar bagi guru maupun peserta didik untuk melatih kepekaan bilangan, memahami konsep bilangan dan operasi bilangan di kelas awal. Melalui pembahasan materi pada Unit Pembelajaran ini, guru dapat memiliki dasar pengetahuan untuk mengajarkan materi tersebut kepada peserta didik. Sementara bagi peserta didik, dapat menggunakan modul ini sebagai sumber belajar untuk mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.

Metode konkret-bergambar-abstrak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di unit pembelajaran 4. Penggunaan gambar-gambar konkret ini meningkatkan pemahaman siswa tentang ide melalui benda-benda nyata, sebelum memperkenalkan simbol abstrak dalam bentuk pernyataan matematis.

B. Aplikasi dalam Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dengan “Matematika”, khususnya bilangan sangat dekat dengan diri kita. Disadari atau tidak, sebelum anak-anak masuk sekolah dan belajar tentang bilangan, mereka telah menggunakan bilangan untuk menyatakan jumlah anggota tubuhnya. Misalnya anak-anak menyebutkan jumlah mata, teliga, hidung dengan menggunaka bilangan 1 dan 2. Begitu juga ketika anak berkenalan dengan guru atau temannya, anak-anak menggunakan bilangan untuk menyatakan jumlah anggota keluarganya. Selain itu, bilangan digunakan juga untuk menyatakan Kesehatan terkait suhu tubuh. Terutama di masa pandemi covid-19, pengecekan suhu tubuh sering dilakukan untuk memastikan kesehatan kita. Suhu tubuh normal biasanya berkisar antara 36-37 derajat celsius. Kenaikan suhu tubuh 1 derajat saja tidak bisa diremehkan. Mengapa? Sebab demam adalah mekanisme tubuh saat melawan penyakit yang sedang diderita. Ketika suhu tubuh kita melebihi 37 derajat celsius, kita harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Harapannya, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru dapat menjadi motivasi bagi para pengajar untuk mempertahankan pengembangan pedagogik dan profesionalnya melalui implementasi modul ini. Terakhir, instruktur perlu mengingat bahwa di MI, proses pembelajaran matematika harus cukup sederhana untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh file materi:

1. Presentasi  PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) UNDUH

2. Alat peraga untuk LK 2.1 (petak satuan) UNDUH

3. Buku Pegangan Fasda PKB Numerasi (Bilangan 1) UNDUH

4. Daftar Perlengkapan_Numerasi_Fasda UNDUH

5. LK 1.1 (bilangan 1) UNDUH

6. LK 1.2 (bilangan 1) UNDUH

7. LK 1.3 (bilangan 1) UNDUH

8. LK 1.4 (bilangan 1) UNDUH

9. LK 2.1 (bilangan 1) UNDUH

10. LK 2.3 (bilangan 1) UNDUH

Demikian PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) ini PELAJAR MEDIA sampaikan, semoga bisa menjadi panutan dalam pelakasanaan pembelajaran.

Download juga File Power Poin PKB MI Bidang Numerasi berikut ini

PPT NUMERASI UP 1 Prinsip Numerasi MI DISINI

PPT NUMERASI UP 2 Growth Mindset DISINI

PPT NUMERASI UP 3 Asesmen DISINI

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) DISINI

PPT NUMERASI UP 5 Bilangan  (Bagian 2) DISINI

PPT NUMERASI UP 6 Aljabar DISINI

PPT NUMERASI UP 7 PENGUKURAN DISINI

PPT NUMERASI UP 8 GEOMETRI DISINI

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA DISINI

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG DISINI 


Baca Juga

Modul Numerasi PKB MI DISINI

Modul Literasi PKB MI  DISINI

Modul Sains PKB MI  DISINI

Posting Komentar untuk "PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1)"