Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

PELAJAR MEDIA - PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

Berikut kompetensi minimal yang harus dimiliki peserta untuk dapat lulus modul ini:

Kompetensi Dasar Pengetahuan: Menelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari satu set data untuk memutuskan angka mana yang paling akurat mencerminkan data.

Kompetensi Dasar Keterampilan: Memecahkan masalah yang melibatkan modus, median, dan rata-rata dari kumpulan data tunggal.

TUJUAN NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

Tujuan dari modul ini adalah sebagai berikut:

  1. Mengenalkan diri Anda dengan prinsip-prinsip dan metode pengajaran matematika dalam modul statistik MI.
  2. Mengenali kekuatan dan keterbatasan seseorang sebagai seorang guru yang bertanggung jawab atas mata kuliah matematika satuan statistika dan memiliki keinginan yang kuat untuk mengatasi kekurangan diri dan mengembangkan kemampuannya.
  3. Mengenal dan mampu memilih taktik, metode, dan model pembelajaran matematika yang tepat untuk satuan pembelajaran statistika bagi siswa di kelas.
  4. Mampu melakukan evaluasi yang ditujukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran matematika di MI.

MANFAAT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

Manfaat yang dicapai antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai nara sumber bagi guru dalam melaksanakan PKB dalam rangka memenuhi tujuan kompetensi pedagogik dan profesional instruktur matematika.
  2. Sebagai nara sumber bagi pengajar dalam menetapkan kurikulum, mempersiapkan, dan melaksanakan pembelajaran matematika pendidikan.
  3. Sebagai bahan penilaian diri bagi guru yang mencari pengembangan profesional.
  4. Sebagai nara sumber dalam pengembangan dan administrasi penilaian siswa.
  5. Sebagai alat untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan kompetensi dasar mereka

TARGET NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

Tujuan modul ini adalah sebagai berikut:

  1. Fasilitator di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota
  2. Pengawas Madrasah
  3. Kepala Madrasah
  4. Ketua KKG/MGMP/MGBK
  5. Pendidik
  6. Para siswa.

GUNAKAN INSTRUKSI

Untuk memastikan keberhasilan Anda dalam mempelajari dan mempraktekkan modul ini, silakan ikuti petunjuk belajar berikut:

  1. Baca pendahuluan dengan cermat sampai Anda memahami tujuan Unit Studi ini.
  2. Tinjau secara menyeluruh bagian tujuan kompetensi untuk memastikan bahwa Anda memahami target kompetensi yang harus dipenuhi oleh Anda dan siswa Anda.
  3. Kegiatan berikut digunakan untuk memenuhi setiap Unit Pembelajaran:
Kegiatan In Servive Learning 1
  1. Latihan ini dilakukan secara tatap muka dengan fasilitator dan teman sejawat untuk menelaah informasi.
  • Melakukan analisis kurikulum dan analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan nilai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Daerah (UAMBD) atau sumber lain untuk memastikan persyaratan kompetensi siswa.
  • Periksa isi bahan ajar dan atasi yang menantang atau dapat menyebabkan kesalahpahaman.
  • Merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan daya dukung madrasah dan karakteristik siswanya.
  • Meneliti dan menyelesaikan LKPD.
  • Mengembangkan langkah-langkah untuk menilai proses dan hasil pembelajaran.
2. Pada Kegiatan On Service Learning. Pada titik ini, Anda dapat secara mandiri mengevaluasi deskripsi konten dan melakukan kegiatan pembelajaran di KKG dan madrasah menggunakan RPP dan LKPD yang disediakan. Mencatat peluang dan kesulitan yang ditemui selama proses pembelajaran, serta data pendukung tambahan untuk Pelatihan. Hasil dari kegiatan on-board, termasuk tugas lembar kerja dan tugas-tugas lainnya, dilampirkan sebagai bukti nyata bahwa Anda telah menyelesaikan semua tugas on-board di Unit Pembelajaran.

3. Kegiatan In Servive Learning 2 Tahap ini dilakukan secara tatap muka dengan fasilitator dan rekan untuk melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan online. Konsentrasikan percakapan pada refleksi untuk tujuan pertumbuhan dan perkembangan pembelajaran. Jika Anda memiliki data tentang hasil implementasi selama pelatihan, Anda juga dapat menggunakannya sebagai bahan diskusi selama kegiatan ini.

4. Evaluasi pencapaian kompetensi Anda dengan mengisi pertanyaan penilaian formatif dan membandingkan tanggapan Anda dengan kunci jawaban yang diberikan pada akhir Unit Pembelajaran.

5. Melakukan self-assessment untuk menentukan apakah tujuan kompetensi telah terpenuhi atau belum. Kegiatan pengembangan profesional untuk guru diselenggarakan dalam dua proses: satu-satu dan dua-satu. 

TARGET KOMPETENSI GURU

PPT NUMERASI UP 10. Statistika dan Peluang
Gambar 1.2. Target Kompetensi Guru - PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

Target Kompetensi Siswa

PPT NUMERASI UP 10. Statistika dan Peluang
Gambar 1.3. Target Kompetensi Siswa - PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG

A. Awal

Studi statistik adalah langkah pertama yang diperlukan dalam mengejar gelar dalam matematika. Penggunaan statistik sangat lumrah di dunia nyata. Konsep statistik diperkenalkan kepada siswa sejak kelas empat atau lima, tergantung pada negara (misalnya, Amerika Serikat, Jerman, dan Australia) (ACE, 1991; NCTM, 1989, 2000). Di Indonesia, statistika diajarkan di tingkat dasar kelas III SD/MI, sesuai kurikulum.

Mata pelajaran seperti bilangan, geometri, pengukuran, dan pengolahan data termasuk dalam ruang lingkup matematika di satuan pendidikan SD/MI, sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) RI Nomor 21 Tahun 2016. Diberikan kepada siswa sekolah dasar mulai tahun kelas tiga untuk tujuan pengolahan data, terutama statistik. peserta didik diharuskan memenuhi kriteria kompetensi dengan mengumpulkan dan menyajikan data penting dalam bentuk tabel, ilustrasi, dan daftar. Ada empat keterampilan dasar yang harus dikuasai, yaitu:

  1. Menggunakan grafik batang untuk menggambarkan hubungan antara data siswa sendiri dan lingkungan sekitarnya.
  2. Mengajari anak-anak bagaimana mengumpulkan dan menganalisis data tentang diri mereka sendiri atau lingkungan sekitar mereka.
  3. Menggunakan daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, dan diagram garis untuk menjelaskan dan membandingkan penyajian data yang relevan dengan diri siswa dan lingkungan sekitar.
  4. Tentukan nilai mana yang paling mencerminkan data dengan membandingkan modus, median, dan mean untuk himpunan tertentu.

Implementasi dalam Situasi Kehidupan Nyata

Membuat rencana atau proyeksi, menghadapi perubahan dan membuat pilihan adalah beberapa fungsi statistik. Harga, ukuran, hasil, umur, atau tinggi adalah contoh variabel. Karena ambiguitas yang melekat dalam hidup, orang cenderung mendasarkan pilihan mereka pada apa yang tidak mereka ketahui. Ini berarti bahwa orang harus mampu meramalkan kemungkinan hasil yang paling mungkin terjadi di masa depan. Penyelidikan tentang suatu peristiwa atau skenario dapat mengambil manfaat dari penggunaan data. Antara lain, bagaimana data yang terkumpul disajikan dalam format yang lebih mudah dibaca dan dipahami. Ada beberapa contoh bagaimana statistik dapat digunakan dalam pendidikan, seperti jumlah siswa suatu kota dan persentase siswa yang lulus Ujian Nasional. Penyelidikan. Diagram dan tabel keduanya dapat digunakan untuk menyajikan data. Pelajari informasi berikut jika Anda ingin dapat memahami visualisasi data menggunakan diagram batang.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh file ppt materi DISINI.

Demikian PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG ini PELAJAR MEDIA lampirkan, semoga bermanfaat.

Download juga File Power Poin PKB MI Bidang Numerasi berikut ini

PPT NUMERASI UP 1 Prinsip Numerasi MI DISINI

PPT NUMERASI UP 2 Growth Mindset DISINI

PPT NUMERASI UP 3 Asesmen DISINI

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) DISINI

PPT NUMERASI UP 5 Bilangan  (Bagian 2) DISINI

PPT NUMERASI UP 6 Aljabar DISINI

PPT NUMERASI UP 7 PENGUKURAN DISINI

PPT NUMERASI UP 8 GEOMETRI DISINI

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA DISINI

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG DISINI 


Baca Juga

Modul Numerasi PKB MI DISINI

Modul Literasi PKB MI  DISINI

Modul Sains PKB MI  DISINI

Posting Komentar untuk "PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG"