Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA

PELAJAR MEDIA - PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA

Kemampuan numerik diperlukan dalam semua elemen kehidupan, baik di rumah, bisnis, maupun di masyarakat. Semuanya melibatkan penomoran dalam kehidupan sehari-hari, apakah itu berbelanja atau merencanakan perjalanan, meminjam uang dari bank untuk mendirikan perusahaan atau membangun rumah. Kita perlu menangkap informasi agar dapat berfungsi secara sosial, misalnya tentang kesehatan dan kebersihan. Informasi ekonomi dan politik merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bernegara. Biasanya, semua informasi ini direpresentasikan secara numerik atau grafis. Untuk membuat penilaian yang baik, kita harus memahami penomoran, suka atau tidak suka.

Oleh karena itu, diperlukan proses pembelajaran matematika di MI yang berpegang teguh pada prinsip-prinsip pedagogis dan ide-ide matematika, memastikan bahwa siswa memiliki pengalaman belajar otentik yang mengarah pada perolehan kemampuan yang diperlukan.


Gambar 1.1. UP 9 Data dan Statistika Pelajar Media


PELAJAR MEDIA - PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA

Guru harus mengetahui kompetensi matematika minimal yang harus dikuasai dan dikuasai siswa sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah 2013.

Berikut ini adalah kompetensi minimal yang harus diperoleh siswa untuk mempelajari statistik:
Kompetensi dasar de connaissances:

  1. Penjelasan fakta-fakta yang berkaitan dengan siswa seperti yang ditunjukkan pada diagram grafik
  2. Menggunakan diagram batang untuk menjelaskan data pribadi siswa dan sekitarnya.
  3. Penjelasan fakta yang berkaitan dengan siswa atau lingkungan sekitar, serta cara mengumpulkannya
  4. Mendefinisikan dan membandingkan tampilan data tentang diri siswa dan lingkungan sekitar dengan menggunakan daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis.
  5. Mendeskripsikan dan mengevaluasi modus, median, dan mean dari satu set data untuk memutuskan nilai mana yang paling akurat mencerminkan data.

Keterampilan Kompetensi Dasar:

  1. Menyajikan data tentang siswa dalam bentuk diagram visual
  2. Kumpulkan data tentang siswa dan sekitarnya dan visualisasikan dengan menggunakan diagram batang.
  3. Menganalisis data yang berkaitan dengan siswa atau lingkungan sekitar dan menentukan cara
  4. amassement Mengorganisasikan dan menampilkan data kesadaran diri siswa dan membandingkannya dengan data dari lingkungan sekitar dengan menggunakan daftar, tabel, gambar diagram (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
  5. Dalam pemecahan masalah, selesaikan masalah yang melibatkan modus, median, dan rata-rata dari satu set data. 



Target Kompetensi Guru

A. Kompetensi Pedagogis
  • Mampu memahami karakteristik peserta didik agar siap dengan pembelajaran statistika.
  • Mampu memahami dan menerapkan berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pembelajaran statistika.
  • Mampu memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum kaitan dengan pembelajaran statistika .
B. Kompetensi Profesional
  • Mampu memahami dan menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi statistika melalui pendekatan konkret-piktorial-abstrak.
  • Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata dalam konteks statistika melalui pendekatan konkret-piktorial-abstrak.
  • Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta penerapannya dlm kehidupan melalui pendekatan konkret-piktorial-abstrak.



Target Kompetensi Siswa

A. Pengetahuan
  1. Mengetahui informasi pribadi dan lingkungan siswa
  2. Menyajikan data diri pesert didik dan lingkungannya dalam bentuk diagram gambar tepat mewakili data
  3. Metode pengumpulan data untuk siswa dan sekitarnya.
  4. Daftar, tabel, piktogram (piktogram), diagram batang dan diagram garis digunakan untuk menyampaikan data tentang data diri siswa dan sekitarnya.
  5. Membandingkan daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, dan diagram garis untuk menampilkan data siswa dan sekitarnya.
  6. Selesaikan kesulitan sehari-hari dengan menafsirkan fakta dan informasi yang disajikan kepada Anda.
B. Keterampilan
  1. Tentukan apa yang diwakili oleh data dengan menggambarkan potongan-potongan data dan kumpulan data secara keseluruhan.
  2. Diskusikan apakah keadaan yang berhubungan dengan pengalaman siswa masuk akal atau tidak.
  3. Lakukan penelitian pada anak-anak atau daerah sekitarnya, dan kumpulkan temuan-temuannya.
  4. Penggunaan daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), grafik batang, dan grafik garis untuk merepresentasikan dan membandingkan data tentang siswa dan lingkungan sekitar dengan menggunakan metode konkret-gambar-abstrak.

Untuk memulai, inilah sinopsis singkatnya:

Studi statistik adalah langkah pertama yang kritis menuju pemahaman matematika yang lebih maju. Penggunaan statistik sangat lumrah di dunia nyata. Sepuluh tahun di beberapa negara, seperti AS dan Jerman, murid mulai belajar statistik di kelas empat atau lima (ACE, 1991; NCTM, 1989, 2000). Menurut kurikulum bahasa Indonesia, siswa mulai belajar statistika di kelas III SD/MI.

Pelajaran matematika di kelas SD/MI harus memuat topik-topik seperti bilangan, geometri, pengukuran, dan pengolahan data, sebagaimana tertuang dalam Permendiknas RI Nomor 21 Tahun 2016. Siswa kelas tiga ke atas wajib mengikuti mata kuliah data. pengolahan, yaitu statistik. Siswa memiliki tingkat kemahiran yang tinggi dalam hal mengasimilasi materi penting dan menyajikannya dalam bentuk tabel, gambar, dan daftar. 4 (empat) kompetensi dasar yang harus dicapai sebagai berikut:

  1. Menggunakan grafik batang, data pribadi siswa dan lingkungan mereka ditampilkan.
  2. Bagaimana memperoleh data tentang individu siswa atau lingkungan sekitarnya.
  3. Data pribadi siswa sendiri dan data dari lingkungannya dapat disajikan dalam bentuk daftar atau tabel atau diagram gambar (piktogram).
  4. Bandingkan dan kontraskan modus, median, dan rata-rata dari satu kumpulan data untuk memutuskan nilai mana yang paling mencerminkan data.

Penggunaan dalam kehidupan sehari-hari

Untuk menjelaskan hubungan antar variabel, untuk membuat rencana atau proyeksi, untuk mengatasi perubahan, dan untuk membuat pilihan dalam statistik kehidupan. B. Variabel adalah nilai yang tidak tetap, seperti harga, ukuran, hasil, atau bahkan usia atau tinggi badan seseorang. Karena ambiguitas yang melekat dalam hidup, orang cenderung mendasarkan pilihan mereka pada apa yang tidak mereka ketahui. Manusia, di sisi lain, harus memiliki kemampuan untuk menciptakan kondisi untuk kemungkinan besar terjadi. Misalnya, bagaimana data yang dikumpulkan disajikan dengan cara yang dapat dipahami dapat membantu kita mendapatkan pengetahuan atau pemikiran tentang suatu peristiwa atau skenario. Menurut data, jumlah siswa suatu kota dapat ditampilkan, nilai ujian siswa dapat dianalisis, dan jumlah siswa yang lulus Ujian Nasional dapat ditampilkan, misalnya (UN). Diagram dan tabel keduanya dapat digunakan untuk menyajikan data. Jika Peserta didik ingin dapat membaca grafik batang dengan benar, pelajari unit pembelajaran ini.

Untuk lebih lanjut silahkan unduh file materi:

1. PPT NUMERASI UP 9 Data dan Statistika UNDUH
2. LKPD PPT NUMERASI UP 9 Data dan Statistika UNDUH

Demikian PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA ini PELAJAR MEDIA sajikan.


Download juga File Power Poin PKB MI Bidang Numerasi berikut ini

PPT NUMERASI UP 1 Prinsip Numerasi MI DISINI

PPT NUMERASI UP 2 Growth Mindset DISINI

PPT NUMERASI UP 3 Asesmen DISINI

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) DISINI

PPT NUMERASI UP 5 Bilangan  (Bagian 2) DISINI

PPT NUMERASI UP 6 Aljabar DISINI

PPT NUMERASI UP 7 PENGUKURAN DISINI

PPT NUMERASI UP 8 GEOMETRI DISINI

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA DISINI

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG DISINI 


Baca Juga

Modul Numerasi PKB MI DISINI

Modul Literasi PKB MI  DISINI

Modul Sains PKB MI  DISINI

Posting Komentar untuk "PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA"