MEMBACA PEMAHAMAN LITERASI UP 7

MEMBACA PEMAHAMAN LITERASI UP 7,LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN,LITERASI PEMAHAMAN MEMBACA,

MEMBACA PEMAHAMAN LITERASI UP 7 - PELAJAR MEDIA

Latar Belakang

Materi kali ini yaitu tugas membaca pEmahamn yg mencoba utk mendapatkn pengetahuan dan pemahaman mendalam ttg apa yg dibaca. Memahami makna & tujuan sebuah karya sastra melalui membaca disebut pemahaman membaca. Membaca, menurut pengertian tersebut, berfokus pda 2 komponen utama yaitu bahasa itu sendiri, serta symbol visual tulisn yg menyampaikan informasi pengetahuan.

Utk Latihan memahami bacaan, seseorang harus fasih berbahasa atau gaya penulisan teks yg dibacanya & bisa menyimpan informasi pengetahuan yg terkandung di dalamnya. Keterampilan Memahami bacaan penting utk memahami sepenuhnya isii dari suatu bahan bacaan.

Pemahamam merupakn komponen ptg dari kegiatan membaca karena pemahaman bacaan dpt meningkatkan keterampilan membaca & membantu tujuan tertenttu utk dicapai. Pemahamn merupakan aspek penting dlm membaca. Dengan kata lain,kemampuan membaca dpt didefinisikan sebagai kemampuan utk memahammi apa yg dibaca. Membaca harus dilakukan untuk pemahaman, bukan untuk kecepatan.

Jika Anda tertarik utk memahami apa yg baru saja disampaikan, berarti Anda sdg membaca pemahaman. Belajar membaca adalah keterampilan yang membutuhkan berbagai kemampuan, tdk hnya perintah prosedur membaca.

Pemahamn membaca dpt didefinisikn sbg tindakan membaca yg bertujuan utk memahami isi bacaan, baik yg tersurat maupun yang tersirat.

Gambar 1.1. Membaca Pemahaman Literasi Unit Pembelajaran 7 - Pelajar Media

Tujuan

Tujuan modul ini adalah:

1. Mengidentifikasi berbagai sterategi membaca pemahamn.

2. Menyusun skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai sterategi membaca pemahamn.

3. Mempraktikkan skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai sterategi membaca pemahamn.


Keuntungan yg ingin dicapai:

1. Manfaat bagi guru:

a. Guru mampu mengidentifikasi berbagai sterategi membaca pemahamn.

b. Guru mampu menyusun skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai sterategi membaca pemahamn.

c. Guru mampu mempraktikkan skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai sterategi membaca pemahamn.

2. Keuntungan bagi peserta didik

a. peserta didik mampu membaca pemahamn bukn hanya sekedar kecepatan membaca.

b. peserta didik mampu memahami isi bacaan, baik yg tersirat ataupun yg tersurt dlm bahn bacaan.

c. peserta didik tidak sekedar memiliki kemampuan tekhnik membacanya saja akan tetapi juga kemampun dlm pemahaman & interpretasi si bacaan.

Kemudahan penggunaan

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari waktu yang Anda habiskan untuk modul ini, harap patuhi panduan berikut:

1. Baca pendahuluan sampai Anda benar-benar memahami tujuan pelajaran unit ini.

2. Bagian tujuan kompetensi harus dipelajari dengan cermat untuk memastikan bahwa Anda dan siswa Anda memahami tujuan kompetensi yang harus dipenuhi.

3. Mode Tatap Muka In-On-In digunakan untuk menyelesaikan tugas pembelajaran setiap unit pembelajaran.

a. Kegiatan Service Learning Merupakan kegiatan tatap muka dimana peserta bertemu dengan fasilitator dan teman-temannya untuk membahas materi. Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan:

1) Dalam rangka menilai persyaratan kompetensi siswa, dilakukan analisis kurikulum dan analisis hasil belajar siswa melalui nilai UN atau sumber lain.

2) Bahan ajar yang mungkin sulit dipahami atau berpotensi menimbulkan kesalahpahaman harus dipelajari dan didiskusikan.

3) Kapasitas madrasah dan karakteristik siswa harus dipertimbangkan saat merancang pembelajaran.

4) Memeriksa dan menyelesaikan LKPD (Lembar Kerja Siswa).

5) Menilai proses dan hasil belajar melalui instrumen.

6) Strategi pengumpulan data juga dapat digunakan dalam kegiatan ini, yang dapat digunakan dalam pengembangan penelitian tindakan kelas (PTK).

b. Mengenai kegiatan On bisa dengan menggunakan RPP dan LKPD yang telah dihasilkan, sekarang Anda dapat mengevaluasi deskripsi isi secara mandiri dan melakukan kegiatan pembelajaran di madrasah.

Beri tahu diri Anda tentang peluang atau tantangan apa pun yang Anda miliki saat belajar. Ada bukti nyata bahwa Anda telah melakukan semua aktivitas online di unit pembelajaran, dalam bentuk tugas lembar kerja dan tugas-tugas lainnya.

Sebagai Sarana Memfasilitasi Pembelajaran Selama tahap IN-2, fasilitator dan peserta lain bertemu tatap muka untuk melaporkan dan mendiskusikan temuan-temuan dari kegiatan tersebut. Refleksi dan peningkatan pembelajaran harus menjadi fokus pembicaraan.

4. Cocokkan jawaban Anda dengan pertanyaan tes formatif yang disediakan di akhir setiap unit pembelajaran untuk melihat apakah Anda telah mencapai tingkat kemahiran.

5. Melakukan penilaian diri untuk menentukan apakah tujuan kompetensi telah terpenuhi atau belum.



Pengantar

Pemahaman adalah kegiatan mengkonstruksi makna atau arti. Pemahaman terhadap bacaan merupakan tujuan dari membaca. Jika seorang siswa membaca kata-kata, tapi tidak mengerti, berarti siswa tersebut tidak membaca.

Untuk dapat memahami teks yang dibacanya, seorang siswa membutuhkan keterampilan-keterampilan dasar untuk membaca dengan lancar, menggunakan strategi-strategi yang mendukung pemahaman, dan terlibat dalam proses. Siswa harus dapat memahami dengan baik apa yang mereka baca. Pemahaman melibatkan banyak proses dan jenis pengetahuan, termasuk: (a) memiliki pengetahuan awal mengenai isi bacaan, dan (b) mengetahui bagaimana teks tersusun. Selain itu, siswa harus mampu menggunakan keterampilan-keterampilan berpikir tingkat tinggi: aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Pemahaman bahasa adalah suatu keterampilan literasi dasar yang akan digunakan nantinya sepanjang siswa bersekolah dan sepanjang hidupnya. Ketika siswa berlanjut jenjang kelas yang lebih tinggi di sekolah, ia akan menghadapi bacaan yang lebih kompleks. Untuk itu perlu meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks yang dibacanya.

Pada setiap level, siswa memiliki kemampuan membaca serta pemahaman yang berbeda-beda. Akan tetapi, siswa dituntut dapat memiliki pemahaman yang baik terhadap teks yang dibacanya. Oleh karena itu, guru kelas awal diharapkan menguasai berbagai strategi membaca yang dapat membantu siswa memiliki keterampilan membaca pemahaman. Guru diharapkan dapat menerapkan strategi-strategi tesebut untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman.

Setelah mempelajari unit pembelajaran 7 membaca pemahaman, selanjutnya Anda dapat menerapkan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas Anda.

Semoga unit pembelajaran membaca pemahaman ini dapat menjadi referensi Anda dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS, terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, dan literasi dalam rangka mencapai kecakapan Abad ke-21, membentuk generasi unggul yang moderat, beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, tentunya dengan memperhatikan kesetaraan gender dan inklusi sosial.

Setiap selesai menerapkan perencanaan pembelajaran di kelas, Anda perlu berbagi dengan teman sejawat melalui kegiatan KKG. Kontribusi dan keterlibatan aktif Bapak/ Ibu di KKG memperkaya pengalaman teman guru lain serta menjadi inspirasi dalam mengembangkan modul secara bersama untuk mutu Pendidikan yang lebih baik.

Download File Power Point dan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan MI Bidang Literasi DISINI DAN DISINI

Download juga File Power Poin PKB MI Bidang Numerasi berikut ini

PPT NUMERASI UP 1 Prinsip Numerasi MI DISINI

PPT NUMERASI UP 2 Growth Mindset DISINI

PPT NUMERASI UP 3 Asesmen DISINI

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) DISINI

PPT NUMERASI UP 5 Bilangan  (Bagian 2) DISINI

PPT NUMERASI UP 6 Aljabar DISINI

PPT NUMERASI UP 7 PENGUKURAN DISINI

PPT NUMERASI UP 8 GEOMETRI DISINI

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA DISINI

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG DISINI 


Baca Juga

Modul Numerasi PKB MI DISINI

Modul Literasi PKB MI  DISINI

Modul Sains PKB MI  DISINI


BERITA TERKINI PKB
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.