Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MENGEMBANGKAN MEDIA BIG BOOK

PELAJAR MEDIA - MENGEMBANGKAN MEDIA BIG BOOK

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru sangat penting bagi seorang guru untuk dapat melaksanakan tanggung jawab utamanya secara efektif dan berkelanjutan (PKB). Oleh karena itu, perilisan modul ini sebagai acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program PKB sangat kami harapkan!

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Agama berupaya meningkatkan kualitas madrasah dengan mengajarkan siswa berpikir kritis, mengontekstualisasikan pembelajarannya, dan menghubungkan pembelajarannya dengan cita-cita Islam. Agar pendidikan dapat ditingkatkan secara masif, merata dan konsisten, program PKB memperhatikan wilayah Indonesia yang luas dan kualitas pendidikan yang bervariasi.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan prinsip-prinsip Islam sama-sama ditekankan dalam program ini, yang dibuat sesuai dengan kebijakan Kementerian Agama. Kemampuan berpikir tingkat tinggi mencakup kemampuan untuk berpikir kritis tentang berbagai informasi, menarik kesimpulan, membuat representasi visual, menganalisis data, dan membentuk hubungan antara hal-hal yang tampaknya tidak berhubungan. Hasilnya, akan lahir generasi yang lebih baik dengan rasa agama dan ketakwaan yang kuat serta akhlak mulia yang menganut prinsip-prinsip Islam.

Guru-guru di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan bagian dari komunitas pengajar di berbagai daerahnya merupakan sasaran dari program PKB ini. Kelompok kerja guru (KKG), musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), dan musyawarah guru BK semuanya merupakan bagian dari komunitas guru (MGBK). Kurikulum ini menggunakan mode Face-to-Face In-On-In sehingga instruktur madrasah tidak perlu mengambil waktu jauh dari peran utamanya sebagai pendidik.

Dengan segenap kemampuan saya, saya berharap modul ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat mendorong para pengajar untuk memahami dan mengajarkan topik tersebut. Kami berterima kasih atas usaha keras dan kecerdikan para penulis Modul dan semua kontributor lainnya. Kita doakan semoga Allah SWT selalu meridhoi usaha kita dan dimudahkan. Amin.

Gambar 1.1. MENGEMBANGKAN MEDIA BIG BOOK


Karena otak hanya menyimpan informasi yang menarik bagi indra, maka lebih mudah bagi anak kecil untuk mengingat apa yang mereka lihat di televisi atau gambar raksasa di jalan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kita lebih mampu memahami sesuatu jika disajikan dalam bentuk visual atau lisan (Salomon, 1979). Cowen (1984) mengklaim, di sisi lain, bahwa penggunaan media visual meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat informasi melalui penggunaan media berbasis teks murni. Alat yang membantu anak-anak meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka di kelas awal sangat penting untuk pengajaran literasi.

Siswa di kelas awal, yang cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek, membutuhkan bantuan dalam mengembangkan minat terhadap materi yang mereka pelajari. Gambar, grafik, dan alat bantu visual lainnya dapat digunakan untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lebih efektif.

Pembelajaran membaca dan menulis di kelas awal membutuhkan media yang dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Siswa di kelas dasar memiliki rentang perhatian yang terbatas. Ada kebutuhan bagi media untuk tertarik dengan apa yang mereka pelajari.

Membuat Gambar Visual.

Untuk membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lancar, sumber pendidikan seperti Big Book dapat digunakan Kami berharap anak-anak di kelas awal akan bersemangat tentang kemungkinan menggunakan media Big Book untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka.

Aplikasi untuk Kehidupan Sehari-hari

Wabah Covid-19 telah membuat sekolah-sekolah terhenti, menghentikan semua kegiatan akademik. Di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, MI Muara, Kecamatan Cipatujah, mendapat imbauan pada 16 Maret 2020. Alhasil, Kepala Madrasah memutuskan semua pembelajaran dilakukan secara online. Sesi pelatihan singkat kemudian ditawarkan kepada beberapa instruktur tentang cara memanfaatkan perangkat lunak untuk tujuan pendidikan.

Anda dapat menggunakan modul media Big Book di kelas Anda setelah Anda mempelajarinya. Higher Order Thinking Skills/ pembelajaran dan penilaian berorientasi HOTS, dipadukan dengan nilai-nilai Islam dan literasi, harus menjadi fokus unit media Big Book ini untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan abad 21 dan membentuk generasi unggul yang moderat, beriman, dan bertakwa. individu beragama yang berakhlak mulia yang juga memperhatikan kesetaraan gender dan integrasi sosial.

Sangat penting bahwa Anda berbagi rencana pelajaran Anda dengan teman sekelas Anda melalui kegiatan KKG setelah Anda selesai melaksanakannya. Kami semua mendapat manfaat dari partisipasi Anda dalam KKG dan kontribusi Anda untuk pengembangan modul baru yang akan meningkatkan pendidikan bagi semua siswa.

rekomendasi dan komentar yang membangun untuk perbaikan dan pengembangan modul pembelajaran yang lain maupun yang satu ini. Dengan asumsi semuanya berjalan dengan baik, modul pembelajaran ini akan bermanfaat bagi masyarakat umum dan individu yang membutuhkannya.

Tujuan khusus modul ini adalah:

  1. Mendeskripsikan karakteristik dan keunggulan Big Book.
  2. Membuat Media Big Book.
  3. Menggunakan Media Big Book.

Tujuan yang ingin dicapai antara lain:

  1. Buku Besar memungkinkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam skenario dunia nyata dengan cara yang baru. Ketika siswa membacakan Buku Besar di depan kelas, mereka akan mendapatkan pengalaman membaca yang berharga tanpa harus khawatir membuat kesalahan atau menempatkan diri mereka di luar sana. Alhasil, semua anak, termasuk mereka yang bergelut dengan membaca, akan memiliki keberanian dan kepercayaan diri untuk membaca Big Books bersama teman-temannya.
  2. Ketika instruktur membaca dari Big Book, semua siswa dapat melihat tulisan yang sama. Ukuran Big Book yang besar memudahkan siswa untuk membaca bersama dengan instruktur mereka.
  3. Penggunaan Big Books mendorong siswa untuk bekerja secara kolaboratif sekaligus memberikan konteks dan signifikansi pada karya-karya yang terkandung di dalamnya.
  4. Dengan bimbingan instruktur dan teman-teman lainnya, anak-anak yang tidak dapat membaca sendiri dapat belajar membaca dengan bantuan Big Books.
  5. Guru dan siswa dapat bersenang-senang dan berpartisipasi dalam kegiatan bersama berkat Buku Besar. Meskipun Buku Besar adalah bahan bacaan, instruktur dapat menggunakannya sebagai batu loncatan untuk berdiskusi dengan anak-anak tentang dongeng sehingga mata pelajaran membaca dapat berkembang berdasarkan pengalaman dan imajinasi mereka sendiri.
  6. Kemampuan bahasa dasar anak-anak, seperti mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis, akan diperkuat melalui penggunaan Big Books.
  7. Ketika anak-anak mengomentari gambar dan bacaan di Big Books, mereka memiliki kesempatan untuk terlibat dalam interaksi sosial saat mereka belajar.

Untuk bahan presentasi, File Power Point bisa di download DISINI

Download juga File Power Poin PKB MI Bidang Numerasi berikut ini

PPT NUMERASI UP 1 Prinsip Numerasi MI DISINI

PPT NUMERASI UP 2 Growth Mindset DISINI

PPT NUMERASI UP 3 Asesmen DISINI

PPT NUMERASI UP 4 Bilangan (Bagian 1) DISINI

PPT NUMERASI UP 5 Bilangan  (Bagian 2) DISINI

PPT NUMERASI UP 6 Aljabar DISINI

PPT NUMERASI UP 7 PENGUKURAN DISINI

PPT NUMERASI UP 8 GEOMETRI DISINI

PPT NUMERASI UP 9 DATA DAN STATISTIKA DISINI

PPT NUMERASI UP 10 STATISTIKA DAN PELUANG DISINI 



Baca Juga

Modul Numerasi PKB MI DISINI

Modul Literasi PKB MI  DISINI

Modul Sains PKB MI  DISINI


Posting Komentar untuk "MENGEMBANGKAN MEDIA BIG BOOK"